Paskah di Gereja Ganjuran, Umat dari Luar Wilayah harus Mendaftar 

Ini jadwal perayaan misa Tri Hari Suci di Gereja Ganjuran‎

Bantul, IDN Times - ‎Umat katolik akan melaksanakan perayaan misa Tri Hari Suci yakni Kamis Putih, Jumat Agung dan Sabtu dan Minggu Paskah. Gereja Hati Kudus Tuhan Yesus (HKTY) Ganjuran, Bantul memperbanyak perayaan misa Tri Hari Suci agar protokol kesehatan tetap berjalan sesuai dengan keputusan pemerintah.

1. Tetap menerapkan protokol kesehatan selama misa

Paskah di Gereja Ganjuran, Umat dari Luar Wilayah harus Mendaftar Pengecekan suhu jemaat yang akan mengikuti musa di Gereja HKTY Ganjuran, Jumat (24/12/2021). (IDN Times/Daruwaskita)

Ketua Dewan Paroki Gereja (HKTY) Ganjuran, Ari Setiawan mengatakan meski kasus COVID-19 di Kabupaten Bantul sudah melandai, pelaksanaan perayaan misa Tri Hari Suci tetap mengedepankan protokol kesehatan.

"Umat yang hadir di gereja harus menggunakan masker, duduk dengan jaga jarak hingga diwajibkan membawa hand sanitizer mesti ada tempat cuci tangan sebelum memasuki gereja," katanya, Rabu (13/4/2022).

Baca Juga: 6 Rangkaian Hari Paskah dan Maknanya, Rabu Abu hingga Minggu Paskah

2. Jadwal perayaan misa Tri Hari Suci di Gereja Ganjuran‎

Paskah di Gereja Ganjuran, Umat dari Luar Wilayah harus Mendaftar IDN Times/Daruwaskita

Untuk memastikan protokol kesehatan tetap berjalan baik, gereja menambah jumlah perayaan misa Tri Hari Suci. Bahkan selain di Gereja Ganjuran, kapel di bawah naungan gereja HKTY yakni Kapel Ngireng-Ireng dan Kapel Tambran juga menggelar perayaan misa Tri Hari Suci.

"Selain di Gereja HKTY Ganjuran, dua kapel di bawah naungan Gereja HKTY Ganjuran juga menggelar perayaan misa Tri Hari Suci," ucapnya.

Ari menjelaskan untuk perayaan misa Kamis Putih di Gereja Ganjuran pada hari Rabu (13/4/2022) sudah dimulai yakni pada pukul 17.00 WIB dan pukul 20.00 WIB. Sedangkan misa Kamis Putih berlangsung pukul 17.00 dan 20.00 WIB.

"Sedangkan di Kapel Ngireng-Ireng dan Tambran akan berlangsung pada pukul 19.00 WIB pada hari Kamis (14/4/2022)," terangnya.‎

Perayaan misa Jumat Agung di Gereja Ganjuran akan berlangsung tiga kali yakni pukul 09.00, 12.00 dan 19.00 WIB. Sedangkan untuk Kapel Ngireng-Ireng dan Tambaran misa akan digelar pada pukul 15.00 WIB.

Sementara perayaan misa Paskah di Gereja HKTY Ganjuran akan berlangsung pada Sabtu (16/4/2022) mulai pukul 17.00 dan. 19.00 WIB. Untuk Kapel Ngireng-Ireng dan Tambran akan berlangsung pukul 19.00 WIB.

"Perayaan Minggu Paskah sendiri di Gereja HKTY Ganjuran akan berlangsung pada pukul 07.30, 10.00 WIB untuk misa Paskah anak-anak dan dilanjutkan pukul 17.00 WIB," ucapnya.

Jumlah umat yang hadir saat misa Tri Hari Suci disesuaikan dengan wilayahnya masing-masing. Hal ini untuk mempermudah jika terdapat umat yang terpapar COVID-19 untuk dilakukan tracing.‎ "Kita sudah membuat jadwal, misalnya misa Kamis Putih pada pukul 17.00 WIB yang hadir adalah umat dari wilayah A, B dan C dan umat di wilayah tersebut hadir ke gereja sesuai dengan jadwal yang sudah ada," tuturnya.

3. Umat dari luar Gereja Ganjuran harus mendaftar

Paskah di Gereja Ganjuran, Umat dari Luar Wilayah harus Mendaftar Umat katolik HKTY Ganjuran mengikuti misa Minggu Palma.(IDN Times/Daruwaskita)

‎Syarat bagi umat yang berasal dari luar Gereja HKTY Ganjuran harus mendaftar terlebih dahulu melalui google form yang telah disiapkan oleh panitia. Pendaftaran ini untuk mengantisipasi jumlah umat yang hadir. 

"Kita punya kapasitas untuk empat ribu, namun kita batasi maksimal hanya 1 ribu umat saja untuk sekali misa. Umat dari luar Gereja HKTY Ganjuran harus juga dipastikan sudah vaksinasi minimal dosis ke dua," tambahnya lagi.‎

Topik:

  • Febriana Sintasari
  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya