Pasangan AHM-JP dan NoTo Jalani Pemeriksaan Kesehatan di RS Sardjito

Untuk melengkapi syarat calon

Bantul, IDN Times - ‎Bakal pasangan calon (bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih-Joko Purnomo (AHM-JP) dan Suharsono-Totok Sudarto (NoTo) menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta.

Pemeriksaan kesehatan tersebut dijalani selama dua hari terhitung mulai Senin (7/9/2020) hingga Selasa (8/9/2020) untuk memenuhi persyaratan calon bupati-wakil bupati.

Baca Juga: Pilkades Serantak di Bantul, Calon Kades Perempuan Hanya 2 Orang

1. Pemeriksaan bapaslon untuk melengkapi persyaratan calon

Pasangan AHM-JP dan NoTo Jalani Pemeriksaan Kesehatan di RS SardjitoKantor KPU Bantul. IDN Times/Daruwaskita

Pemeriksaan kesehatan bapaslon Bupati dan Wakil Bupati Bantul adalah bagian dari pemenuhan persyaratan calon terutama untuk kesehatan jasmani, rohani dan bebas narkotika. Pemeriksaan di RSUP Dr. Sardjito akan melibatkan dokter spesialis, tim dari BNN serta psikolog yang direkomendasikan dari Himpunan Psikolog Indonesia (Himpsi) DI Yogyakarta.‎

‎"Pemeriksaan kesehatan bapaslon juga mengacu pada Keputusan KPU RI Nomor 412/PL.02.2-Kpt/06/KPU/IX/2020 tentang standar pedoman teknis standar kemampuan jasmani dan rohani dan bebas penyalahgunaan narkotika dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota tahun 2020," kata Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Bantul, Joko Santosa melalui keterangan tertulis, Selasa (8/9/2020).

2. Hasil pemeriksaan akan disampaikan ke KPU Bantul pada 12 September 2020

Pasangan AHM-JP dan NoTo Jalani Pemeriksaan Kesehatan di RS SardjitoKetua KPUD Kabupaten Bantul, Didik Joko Nugroho. IDN Times/febriana sinta

Sementara Ketua KPU Kabupaten Bantul, Didik Joko Nugroho mengatakan sebelum dilakukan tes kesehatan kedua bapaslon sudah melakukan uji swab secara mandiri dan hasilnya dinyatakan negatif.

"Kedua bapaslon sudah uji swab secara mandiri pada 2 September 2020 dan hasilnya negatif COVID-19," ucapnya.

Selain pemeriksaan kesehatan, KPU Bantul juga melakukan verifikasi persyaratan calon mulai tanggal 6 hingga 12 September 2020. Sedangkan untuk hasil pemeriksaan kesehatan akan disampaikan ke KPU Bantul pada 12 September 2020 mendatang.

"Selanjutnya pemberitahuan hasil verifikasi calon akan disampaikan pada tanggal 13-14 September 2020. Sedangkan untuk penetapan pasangan calon akan dilakukan pada tanggal 23 September 2020 dan tanggal 24 September 2020 dilanjutkan pengundian nomor pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bantul," katanya.

3. Pemeriksaan kesehatan berjalan lancar dan ditangani secara profesional‎

Pasangan AHM-JP dan NoTo Jalani Pemeriksaan Kesehatan di RS SardjitoPasangan AHM-JP jalani pemeriksaan di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. IDN Times/Istimewa

Sementara anggota Tim Sukses Pemenanganan Pasangan AHM-JP yang turut mendampingi pemeriksaan kesehatan di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, Kusbowo Prasetyo mengatakan pemeriksaan hari pertama pada Senin (7/9/2020) meliputi pemeriksaan lab darah, USG Abdomen, pemeriksaan urine, psikometri, kesehatan jasmani.

"Untuk pemeriksaan hari kedua merupakan pemeriksaan kesehatan lanjutan yang meliputi pemeriksaan psikologi dan kesehatan jasmani," ujarnya.

Baik pemeriksaan hari pertama dan kedua berjalan cukup lancar dan dalam proses pemeriksaan kesehatan ditangani secara sangat profesional sehingga dapat berjalan lancar.

"Semoga saja tahapan pemeriksaan kesehatan ini berjalan lancar dan nantinya akan dilanjutkan tahapan pilkada selanjutnya," ungkapnya.‎

4. Pasangan NoTo ikuti petunjuk KPU Bantul sebelum melaksanakan tes kesehatan di RSUP Dr. Sardjito

Pasangan AHM-JP dan NoTo Jalani Pemeriksaan Kesehatan di RS SardjitoPasangan NoTo jalani pemeriksaan kesehatan di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. IDN Times/Daruwaskita

Terpisah Ketua Tim Pemenangan Pasangan NoTo yang turut mendampingi Pasangan NoTo melakukan tes kesehatan di RSUP Dr. Sardjito, Arif Iskandar mengatakan pasangan NoTo sudah mempersiapkan diri dan mengikuti petunjuk dari KPU Bantul terkait persiapan untuk mengikuti tes kesehatan selama dua hari.

"Istirahat cukup bahkan sampai menjalani puasa pada hari pertama pelaksanaan pemeriksaan kesehatan," katanya.

Di hari pertama pemeriksaan kesehatan tim dokter bertindak sangat profesional dalam melakukan pemeriksaan baik pemeriksaan darah, urine, psikometri, pemeriksaan organ dalam dan hingga dilanjutkan pemeriksaan hari ke dua yang difokuskan pada pemeriksaan psikologis hingga pemeriksaan jasmani.

"Untuk hari kedua pemeriksaan akan berlangsung sampai sore mengingat ada pemeriksaan lanjutan di hari pertama (pemeriksaan organ dalam)  dan juga pemeriksaan kesehatan lanjutan khususnya untuk pemeriksaan jasmani," ucapnya.

"Tapi yang jelas baik Pak Harsono maupun Pak Totok sudah menyiapkan semuanya untuk pemeriksaan kesehatan selama dua hari meski hasil pemeriksaan nantinya langsung diberikan ke KPU Bantul dan kita hanya mendapatkan tembusan saja," tambah Arif lagi.

Baca Juga: Jelang Pendaftaran Pasangan Cabup-Cawabup, Ini Persiapan KPU Bantul

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya