Pantai Samas Direvitalisasi, Warga Kaget dengan Wacana Relokasi

Dinas Pariwisata tegaskan belum ada rencana relokasi warga

Bantul, IDN Times - Warga kawasan Pantai Samas, Dusun Ngepet, Desa Srigading, dibuat kaget dengan adanya perintah dari Kepala Desa untuk menyerahkan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (C1).

Fotokopi tersebut diminta diserahkan langsung tanpa diwakilkan untuk pendataan warga asli Pantai Samas yang akan direlokasi.

1. Penyerahan foto kopi KTP dan C1 tidak bisa diwakilkan‎

Pantai Samas Direvitalisasi, Warga Kaget dengan Wacana Relokasi(Ilustrasi eKTP) ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Salah satu Ketua RT Dusun Ngepet, Eko Susanto menjelaskan, Kamis malam (3/10) dirinya didatangi petugas Linmas Desa Srigading yang juga tetangganya sendiri. Petugas itu  memberitahukan agar semua warga Pantai Samas menyerahkan fotokopi KTP dan C1 yang diserahkan langsung kepada kepala desa di meja kepala desa dan tidak bisa diwakilkan.

"Kepala Desa ingin tahu apakah warga Pantai Samas beneran atau bukan karena untuk pendataan warga yang akan direlokasi," kata Eko saat dihubungi IDN Times, Jumat (4/10).

Baca Juga: Pasar Seni Gabusan Direvitalisasi, Tulisan PSG Dibongkar

2. Kepada dusun tak tahu menahu kebijakan itu

Pantai Samas Direvitalisasi, Warga Kaget dengan Wacana RelokasiIDN Times/Daruwaskita

Eko juga mengaku kaget ketika informasi rencana relokasi warga Pantai Samas itu disampaikan oleh petugas Linmas. Padahal, menurutnya Kepala Dusun sendiri tidak mengetahui rencana dari Desa Srigading.

"Saya kan punya atasan namanya kepala dusun namun beliau tidak tahu bahkan baru tahu ketika saya menanyakan rencana pengumpulan foto kopi KTP dan C1 yang digunakan untuk relokasi," ungkapnya.‎

Kata Eko, batas pengumpulan foto KTP dan C1 harus dikumpulkan pada hari Jumat ini (4/10) dan harus diserahkan langsung ke Kepala Desa di meja Kepala Desa.

"Intinya warga disuruh datang ke Balai Desa menemui kepala desa dan menyerahkan foto kopi KTP dan C1," tuturnya.

3. Dinas Pariwisata Bantul tegaskan belum ada wacana relokasi penduduk Pantai Samas untuk pengembangan wisata‎

Pantai Samas Direvitalisasi, Warga Kaget dengan Wacana RelokasiIDN Times/Daruwaskita

Terkait dengan rencana relokasi warga di Pantai Samas, Kepala Dinas Pariwisata Pemkab Bantul Kwintarto Heru Prabowo mengatakan saat ini pihaknya baru berkonsentrasi pada revitalisasi Pantai Samas. Antara lain berupa pembuatan jalan yang menghubungkan Pantai Samas dengan pantai di sisi baratnya, pembangunan taman dan juga pembangunan tempat parkir bagi kendaraan atau bus yang membawa wisatawan ke Pantai Samas.

"Jadi kita belum ada pemikiran untuk melakukan relokasi warga yang di Pantai Samas," katanya.

4. Penataan kawasan Pantai Samas tak serta merta dengan relokasi warga‎

Pantai Samas Direvitalisasi, Warga Kaget dengan Wacana RelokasiIDN Times/Daruwaskita

Agar tata ruang cukup bagus dan wisatawan nyaman untuk berkunjung ke pantai yang sempat booming di tahun 1980an itu, penataan adalah hal yang harus dilakukan. Namun, Heru mengatakan penataan itu tidak harus disertai dengan relokasi.

"Toh kalau ada relokasi tentunya kita akan berkoordinasi dengan Desa Srigading dan tentunya juga melibatkan warga. Namun itu belum kita rencanakan pada tahun ini," ujarnya.‎

Baca Juga: Sepi Pengunjung, Wisata Laguna Pengklik Pantai Samas Kian Terpuruk‎

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya