Pandemik COVID-19, Hotel di Yogyakarta Tawarkan Isolasi Mandiri

Hotel di DIY yang berhenti beroperasi 329 hotel

Kota Yogyakarta, IDN Times -Sejumlah hotel di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menawarkan paket isolasi mandiri di tengah pandemik COVID-19. Penawaran paket itu untuk menyiasati sepinya pengunjung hotel di tengah pandemik COVID-19.

‎Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY menyebut pandemik COVID-19 telah berdampak pada tutupnya operasional hotel dan restoran di DIY dan hanya menyisakan 48 hotel dan restoran yang masih buka.

"Kalau hotel saja hanya 30 an yang masih buka baik hotel bintang dan non bintang. Sedangkan restoran hanya 18 yang buka," kata Ketua PHRI, DIY, Deddy Pranowo Eryono, Jumat (1/5).

Baca Juga: Besok Pengumuman Kelulusan SMA/SMK,  Sekolah di DIY Lakukan Antisipasi

1. Hotel yang masih beroperasi menawarkan paket promo untuk isolasi‎

Pandemik COVID-19, Hotel di Yogyakarta Tawarkan Isolasi MandiriFasilitas kamar di Swiss-Belhotel Losari Makassar. Istimewa

Deddy menjelaskan masih adanya hotel yang buka hanya untuk mendapatkan sedikit pemasukan dan menutup biaya operasional. Seperti menawarkan program untuk isolasi mandiri di hotel dengan harga terjangkau.

"Warga yang bosan isolasi di rumah masih bisa menyewa kamar hotel tentunya dengan harga yang terjangkau dan ada promonya," ucapnya.

2. Harga promo kamar hotel untuk isolasi sangat terjangkau‎

Pandemik COVID-19, Hotel di Yogyakarta Tawarkan Isolasi Mandiripixabay.com/EmAji

Deddy menyebut harga untuk promo isolasi di hotel dalam waktu 14 hari dalam kisaran Rp1,2 juta hingga Rp10 juta untuk hotel bintang dan non bintang.

"Jadi kalau dihitung per harinya jatuhnya harga cukup murah. Yang paling murah tidak sampai Rp100 ribu per harinya," katanya.‎

3. Hotel dan restoran di Yogyakarta yang berhenti beroperasi mencapai 329‎

Pandemik COVID-19, Hotel di Yogyakarta Tawarkan Isolasi MandiriIlustrasi hotel tutup. ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Pemilik Ruba Grha Hotel ini menyatakan hotel bintang dan non bintang serta restoran yang tidak beroperasi saat ini bisa mencapai ratusan. Jumlah tersebut berdasarkan keanggotaan di PHRI DIY.

"Hotel dan restoran yang tidak beroperasi sampai hari ini mencapai 329. Itu saja yang tercatat di PHRI belum di luar keanggotaan PHRI DIY,"tuturnya.

Baca Juga: 10 Artis Ajak Keluarga Habiskan Waktu #DiRumahAja dengan Berkebun

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya