Comscore Tracker

ODGJ di Kulon Progo Mengamuk, Rusak Mobil Patroli 

Seorang polisi mengalami luka di bagian punggung

Bantul, IDN Times - ‎Seseorang dengan gangguan jiwa (ODGJ) mengamuk di desa  di Kranggan, Kapanewon Galur., Kulon Progo. Akibatnya seorang anggota polsek terluka dan satu buah mobil patroli rusak. 

Kejadian tersebut berawal saat polisi hendak mengamankan ODGJ memgamuk yang membawa kayu balok. 

1. Polsek Galur menerima lapaoran adanya warga yang mengamuk‎

ODGJ di Kulon Progo Mengamuk, Rusak Mobil Patroli Balok kayu yang digunakan ODGJ untuk merusak mobil patroli dan melukai seorang anggota. (IDN Times/Istimewa)

Kejadian berawal saat seorang warga yang memiliki gangguan jiwa bernama Prayitna tahun mengamuk di desanya. Mendapatkan laporan tersebut, anggota Polsek Galur dengan menggunakan mobil patroli mendatangi lokasi. 

Namun saat di lokasi Priyatna dengan menggunakan kayu balok justru mengamuk dan memecah kaca mobil patroli. Akibatnya mobil sedan Mitsubishi Lancer, mengalami kerusakan dan seorang anggota Polsek Galur, Aiptu Wahyu Gunawan terluka pada bagian punggung.

"Saat datang petugas tidak mengantisipasi karena pelaku mengamuk dan melakukan perusakan. Akibatnya mobil patroli dan salah satu anggota kita terluka," kata Kasubbag Humas Polres Kulon Progo, Iptu I Nengah Jefri, Minggu (27/6/2021).

Baca Juga: Kalah dari AHHA PS Pati FC, Dejan Beri Peringatan Anak Asuhnya 

2. Pelaku berhasil diamankan dan disuntik obat bius‎

ODGJ di Kulon Progo Mengamuk, Rusak Mobil Patroli Ilustrasi Menyuntik (IDN Times/Arief Rahmat)

Sebanyak empat petugas Polsek Galur, akhirnya datang ke lokasi untuk mengamankan pelaku. Akhirnya Priyatna bisa diamankan dan diberi suntikan obat bius oleh petugas dari Puskesmas Galur II. Akhirnya pria berusia 46 tahun tersebut dibawa ke RSJ Ghrasia Sleman.

"Pelaku perusakan ini adalah ODGJ (orang dengan gangguan jiwa). Sudah enam bulan tidak minum obat," ungkapnya.

3. Kerugian akibat mobil patroli pecah mencapai puluhan juta‎

ODGJ di Kulon Progo Mengamuk, Rusak Mobil Patroli Mobil patroli Polsek Galur Kulon Progo yang rusak ODGJ. (IDN Times/Istimewa)

Akibat amukan pelaku, mobil patroli bernopol XXIV-2271-30 mengalami retak di bagian kaca depan. Sedangkan kaca kanan dan kiri pecah serta bagian penutup bensin penyok.

"Kerugian diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah," katanya.‎

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya