Nelayan di Bantul Ikut Lomba Tangkap Ikan, Dwi Sulit Tebar Jala  

Lomba untuk menggairahkan semangat nelayan untuk melaut

Bantul, IDN Times - ‎Puluhan nelayan di Pantai Selatan Kabupaten Bantul, mengikuti lomba menangkap ikan di laut. 

Ketua Panitia Lomba Nelayan Menangkap Ikan, Supiyono menyebutkan syarat bagi nelayan yang berhak mengikuti lomba, minimal pernah melakukan 30 trip atau 30 kali turun melaut pada tahun 2019 yang lalu. Dengan adanya syarat ini maka tidak semua nelayan bisa mengikuti lomba.

"Ada 20 kapal nelayan yang lolos dan mengikuti lomba. Terdiri dari empat kapal dari nelayan Pantai Samas, dua kapal dari Pantai Baru, dua kapal dari Pantai Depok, dua kapal dari Pantai Gua Cemara dan dua kapal dari Pantai Kuwaru," katanya saat ditemui di Pantai Baru pada Selasa (27/10/2020).

1. Lomba untuk menggairahkan semangat nelayan untuk melaut

Nelayan di Bantul Ikut Lomba Tangkap Ikan, Dwi Sulit Tebar Jala  Ketua Panitia Lomba Nelayan Menangkap Ikan, Supiyono (nomor dua dari kanan). IDN Times/Daruwaskita

Lomba yang di gelar oleh Dinas Kelautan dan Perikanan DIY ini diharapkan mampu menggairahkan kembali semangat nelayan untuk melaut. Hadiah bagi pemenang adalah alat tangkap senilai Rp20 juta. 

"Kondisi laut selatan Bantul tak mudah bagi perahu nelayan. Ini menjadi tantangan bagi nelayan untuk mendapatkan tangkapan ikan sekaligus mendapatkan hadiah Rp20 juta," katanya.

 

Baca Juga: Aktivitas Merapi di Atas Normal, BPPTKG: Erupsi Makin Dekat 

2. Nelayan yang paling banyak mendapatkan tangkapan ikan‎ akan menjadi juara pertama

Nelayan di Bantul Ikut Lomba Tangkap Ikan, Dwi Sulit Tebar Jala  Hasil tangkapan ikan dari nelayan yang mengikuti lomba. IDN Times/Daruwaskita

Menurut Supiyono dengan kondisi laut selatan yang gelombangnya terbilang ganas menjadi kendala sendiri bagi nelayan untuk turun melaut. Pemenang ditentukan dari bobot ikan yang diperoleh selama lomba berlangsung.

"Nah kalau bobotnya sama maka yang dinilai dari nilai rupiah dari ikan yang didapat nelayan," terangnya.

3. Nelayan kesulitan tebar jala di laut

Nelayan di Bantul Ikut Lomba Tangkap Ikan, Dwi Sulit Tebar Jala  Nelayan menangkap ikan di laut selatan Bantul. IDN Times/Daruwaskita

Salah satu nelayan yang ikut dalam perlombaan, Dwi Rias Pamuji mengatakan lomba bersamaan dengan derasnya hujan, sehingga menjadi kendala bagi nelayan untuk menebar tebar jaring di laut.

"Dari turun melaut pagi tadi hingga menjelang sore saat naik ke daratan hujan terus berlangsung," katanya.

Ditanya tentang hasil tangkapan, Dwi yang merupakan Koordinator SAR Satlinmas Wilayah IV Bantul ini mengaku tak berharap banyak hadiah, karena hasil tangkapannya belum bisa melebihi hasil nelayan lainnya.

"Kalau nilai ikannya jika dijual sampai Rp2 juta. Namun jenis ikannya bermacam-macam, ya istilahnya ikan rucah. Ada yang harganya mahal namun juga ada yang harganya cuma Rp5 ribu per kilogramnya," ucapnya.‎

Baca Juga: Ini Gambar dan Rencana Pembangunan Taman Wisata Jurassic Pulau Komodo 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya