Libur Nataru, Berkunjung ke Pantai Selatan Bantul Makin Murah

Jembatan Kretek II dibuka, wisatawan sekali bayar retribusi‎

Bantul, IDN Times - ‎Pembukaan Jembatan Kretek II selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) diharapkan akan mendongkrak kunjungan wisatawan ke objek wisata pantai selatan (pansela) Kabupaten Bantul. Sebab, wisatawan cukup sekali membayar tiket retribusi masuk objek wisata pantai agar dapat menikmati seluruh objek wisata pantai di seluruh Bantul, mulai dari Pantai Parangtritis hingga Pantai Baru.

1. Wisatawan cukup sekali bayar retribusi ke pantai

Libur Nataru, Berkunjung ke Pantai Selatan Bantul Makin MurahTPR Pantai Parangtritis Kabupaten Bantul. (IDN Times/Daruwaskita)

Kasi Promosi dan Informasi Wisata, Dinas Pariwisata Pemkab Bantul, Markus Purnomo Adi, mengatakan sebelum Jembatan Kretek II dibuka, wisatawan membayar retribusi masuk ke pantai timur dan pantai barat Bantul secara terpisah.

"Namun dengan dibukanya Jembatan Kretek II yang menghubungkan antara objek wisata pantai di sisi timur dan barat Kabupaten Bantul ini maka wisatawan cukup membayar sekali tiket retribusi masuk objek wisata pantai hanya sekali sebesar Rp10 ribu per orang," katanya, Sabtu (17/12/2022).‎

Dengan sekali membayar tiket objek wisata pantai di Kabupaten Bantul selama Nataru ini sangat menguntungkan bagi wisatawan sehingga wisatawan dapat menikmati seluruh keindahan pantai selatan di Kabupaten Bantul dengan biaya yang cukup murah.

"Jadi silakan manfaatkan dibukanya Jembatan Kretek II selama libur Natal dan Tahun Baru untuk berkunjung ke seluruh destinasi pantai yang ada di Kabupaten Bantul dengan biaya yang murah," ucapnya.

Baca Juga: Pecah Kemacetan, Jembatan Kretek 2  Dibuka saat Libur Nataru 

2. Ada pesta kembang api hingga hingga konser orkes melayu saat malam pergantian tahun‎

Libur Nataru, Berkunjung ke Pantai Selatan Bantul Makin MurahIlustrasi pesta kembang api.unsplash

Diakui pria yang akrab disapa Ipung ini, selama libur Nataru, Dinas Pariwisata Bantul tidak menggelar atraksi wisata. Namun, sejumlah pelaku pariwisata sudah memiliki agenda atraksi wisata sendiri sehingga wisatawan tetap akan terhibur.

"Saat malam pergantian tahun baru dipastikan akan ada pesta kembang api di pantai selatan Bantul yang dilakukan oleh wisatawan. Selain itu ada hiburan orkes melayu di Pantai Goa Cemara saat malam pergantian tahun baru," ungkapnya.

Pembukaan Jembatan Kretek II ini diharapkan juga menjadi pengobat penasaran bagi masyarakat atau wisatawan yang akan melihat jembatan ikonik tersebut. Sebab, saat malam hari akan sangat indah dengan hiasan lampu di sepanjang jembatan yang terpanjang di Yogyakarta bagian selatan ini.

"Jembatan Kretek II memang sudah 100 persen selesai dibangun dan hanya tinggal diresmikan dan kemudian dibuka untuk seterusnya. Namun sebelum diresmikan dan dioperasionalkan,  maka selama libur Nataru jembatan dibuka sementara untuk mengantisipasi kemacetan," tambah Ipung.

3. Pengusaha kuliner seafood berharap Pantai Depok‎ ramai

Libur Nataru, Berkunjung ke Pantai Selatan Bantul Makin MurahKuliner seafood di Pantai Depok. IDN Times/Daruwaskita

Sementara, salah satu pemilik warung makan seafood Salsabila 2 Pantai Depok, Dardi Nugroho, berharap dengan dibukanya Jembatan Kretek II, wisatawan yang berkunjung ke pantai barat Kabupaten Bantul bisa bersantap kuliner ke Pantai Depok. Sebab, mereka tidak perlu lagi membayar dua kali tiket retribusi.

"Dengan dibukanya Jembatan Kretek II ini juga akan semakin mendekatkan jarak bagi wisatawan untuk berkunjung ke objek wisata pantai di sisi barat ke objek wisata sisi timur Kabupaten Bantul atau sebaliknya tanpa membayar tiket retribusi masuk objek wisata pantai," ucapnya.

"Ya harapan kita akan semakin banyak wisatawan yang akan berkunjung ke Pantai Depok dan menikmati kuliner seafood yang paling terkenal di Bantul," tambahnya lagi.‎

Baca Juga: Perajin Patung Rohani di Bantul Panen Pesanan sejak 6 Bulan Lalu 

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya