Comscore Tracker

Nama Sultan HB X Dipakai untuk Mendukung Paslon di Gunungkidul  

Nama anak pertama Sultan HB X juga sering digunakan 

Kota Yogyakarta, IDN Times - ‎Video viral dugaan politik uang pilkada Gunungkidul kembali beredar viral di media WhatsApps. Dalam video yang berdurasi 1 menit 56 detik mencatut nama Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan HB X yang juga sebagai Gubernur DI Yogyakarta.

Lalu apa tanggapan Sultan terkait video viral pemberian telur dan wajan yang menggunakan namanya?

1. Sultan mengaku tidak mengetahui sama sekali

Nama Sultan HB X Dipakai untuk Mendukung Paslon di Gunungkidul  Gubernur DIY Sri Sultan HB X / Dokumentasi Humas Pemda DIY

Sri Sultan mengaku tidak mengetahui kejadian tersebut bahkan dirinya dan tidak melakukan aksi mendukung terhadap salah satu paslon. Sultan menyerahkan sepenuhnya pemilihan kepala daerah kepada masyarakat.

"Wah aku ura reti (wah saya tidak tahu), ya saya gak dukung mendukung, tergantung pada masyarakat saja. Jangan mudah percaya," katanya di Kompleks Kantor Gubernur DI Yogyakarta, Senin (7/12/2020).

Baca Juga: Video Dugaan Politik Uang Pilkada Gunungkidul Viral

2. Nama anak pertama Sultan juga disebut

Nama Sultan HB X Dipakai untuk Mendukung Paslon di Gunungkidul  GKR Mangkubumi memimpin gelaran Hajad Dalem Garebeg Besar Keraton Yogyakarta, Jumat (31/7/2020). IDN Times/Tunggul Damarjati

Sultan bahkan mengaku tak hanya namanya yang dipakai, anak sulungnya, GKR Mangkubumi juga disebut. 

"Ora mung aku (tidak hanya saya) jenenge anakku nyang endi-endi ya dienggo (nama anak saya dimana-mana saja juga dipakai," ungkap Sultan.

3. Berharap partisipasi masyarakat untuk gunakan hak pilih dan bebas politik uang‎

Nama Sultan HB X Dipakai untuk Mendukung Paslon di Gunungkidul  Gerakan anti money politik oleh pemuda-pemudi Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. IDN Times/Daruwaskita

Sultan berharap pilkada yang akan dilakukan dua hari lagi dapat berjalan dengan baik.Diharapkan masyarakat meluangkan waktu untuk menggunakan hak pilihnya.

"Pilkada sangat penting bagi masa depan masing-masing kabupaten. Pada partisipasi pilihan masyarakat dan siapapun pemenangnya silakan saja dan bisa berjalan dengan semestinya," ungkapnya.

Baca Juga: Pesawat Latih TNI AU Jatuh di Yogyakarta, Dua Pilot Selamat

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya