Comscore Tracker

Menderita Sakit Gula, 2 jemaah Haji Asal Bantul Dipulangkan

Alami gangguan mental, jemaah haji Gunungkidul dipulangkan

Bantul, IDN Times - Sebanyak dua jemaah haji asal Kabupaten Bantul harus pulang lebih awal lantaran menderita sakit gula. Jadwal kepulangan yang sebelumnya tanggal 28-29 Juli, namun pada Minggu (24/7/2022) terpaksa dipulangkan. 

1. Jemaah haji sempat menjalani operasi kaki di tanah suci

Menderita Sakit Gula, 2 jemaah Haji Asal Bantul DipulangkanKepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bantul, Ahmad Mustahid.(IDN Times/Daruwaskita)

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Kemenag Bantul, Ahmad Mustahid mengatakan kedua jemaah haji tersebut adalah pasangan suami istri. Sebelumnya juga sempat operasi di bagian kaki. 

"Sakit diabetes, bahkan sempat menjalani operasi pada bagian kaki di tanah suci," katanya, Jumat (29/7/2022).

2. Kedua jemaah haji dinyatakan sah

Menderita Sakit Gula, 2 jemaah Haji Asal Bantul DipulangkanUmat Muslim memakai masker pelindung dan menjaga jarak sosial melakukan Tawaf mengelilingi Ka'bah dalam musim Haji di tengah pandemi penyakit virus korona (COVID-19) di kota suci Mekah, Arab Saudi, Jumat (31/7/2020) (ANTARA FOTO/Saudi Press Agency/Handout via REUTERS)

Menurutnya jemaah haji yang sakit adalah laki-laki sementara sang istri harus turut pulang untuk mendampinginya. Kedua jemaah haji yang pulang tersebut sudah sempurna menjalankan rangkaian haji. 

"Kedua jemaah haji ini juga sudah melaksanakan tawaf wada atau tawaf penutup," ucapnya.

Jemaah haji yang diberangkatkan dari tanah suci mencapai 443 jemaah dengan dua kloter yakni kloter 19 dan 20. Untuk kloter 19, tiba di Asrama Haji Donohudan pada Kamis (28/7/2022) sekitar pukul 16.50 WIB.

"Kloter 20 akan tiba di Donohudan pada Jumat (29/7/2022) sekitar pukul 22.15 WIB, kemudian menjalani skrining selama 2,5 jam, baru dipulangkan ke Bantul pukul 02.30 WIB," katanya.

Baca Juga: Polres Bantul Siap Amankan Perayaan Malam 1 Suro‎

3. Alami gangguan mental, jemaah haji asal Gunungkidul dipulangkan

Menderita Sakit Gula, 2 jemaah Haji Asal Bantul DipulangkanIlustrasi rombongan jemaah haji. ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Sementara itu satu jemaah haji asal Gunungkidul juga dipulangkan lebih awal karena mengalami gangguan mental. Jemaah tersebut berasal dari Kapanewon Playen.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kanwil Kemenag Gunungkidul, Taufik Ahmad Soleh mengatakan jemaah haji tersebut berjenis kelamin perempuan.

"Setibanya di tanah suci jemaah tersebut diduga tidak dalam kondisi prima. Dari pemeriksaan dokter secara fisik memang sehat," ucapnya.

Selama di tanah suci, jemaah terus meminta untuk didampingi, bahkan sampai meminta pendampingan untuk mandi.

"Jadi seperti terganggu mentalnya dan perlu pendampingan terus dari petugas pembimbing. Jemaah itu dipulangkan lebih awal pada Senin (25/7/2022)," tambah Ahmad. 

Total jemaah haji dari Gunungkidul yang diberangkatkan tahun ini mencapai 183 orang dan 2 jemaah ikut kloter 19 dari Bantul. Para jemaah haji akan kembali ke tanah air pada Sabtu (30/7/2022) , diperkirakan besok pukul 11.00 WIB sudah sampai Gunungkidul.

Baca Juga: Gua Langse Gunungkidul: Rute, Lokasi, Harga Tiket, dan Tips

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya