Mandi di Laut, 1 Wisatawan Hilang di Pantai Parangtritis 

Tim SAR masih melakukan pencarian dengan menyisir pantai

Bantul, IDN Times - ‎Lagi-lagi ganasnya gelombang Pantai Parangtritis memakan korban, kali ini empat wisatawan dari Madiun, Jawa Timur digulung gelombang. Tiga korban berhasil diselamatkan sementara satu korban hilang dan masih dalam pencarian.

Satu korban yang masih hilang adalah Faran Diva Bahtyarata yang masih berumur 18 tahun. Sementara tiga kawan korban yang berhasil diselamatkan yakni Afrian Ashary (17), Risky Pratama Putra dan Ervian Risky Dwitama Putra (16). 

1. Sebelum terseret gelombang, korban sempat mandi tak jauh dari palung‎

Mandi di Laut, 1 Wisatawan Hilang di Pantai Parangtritis Korban laka laut yang selamat dilarikan di rumah sakit. IDN Times/Daruwaskita

Anggota SAR Satlinmas Wilayah IV Pantai Parangtritis-Depok, Ali Joko Sutanto menceritakan kejadian nahas empat wisatawan berawal ketika rombongan yang berjumlah tujuh orang datang ke Pantai Parangtritis. Mereka kemudian berjalan-jalan di pinggir pantai untuk berfoto-foto.

"Dari tujuh orang yang datang tiga di antaranya di tepi pantai, sementara empat orang mandi di pantai yang tak jauh dari palung dan langsung terseret gelombang," katanya, Jumat (4/8/2020).

Baca Juga: Pencarian Berakhir, 5 Wisatawan Hilang di Pantai Gua Cemara Ditemukan 

2. Satu korban hilang terseret gelombang‎

Mandi di Laut, 1 Wisatawan Hilang di Pantai Parangtritis Salah satu korban yang tenggelam hilang di Pantai Parangtritis. IDN Times/Istimewa

Mengetahui adanya wisatawan yang terseret gelombang, petugas SAR langsung melakukan pertolongan dan berhasil menyelamatkan tiga orang. Sedangkan satu korban hilang terseret gelombang.

"Satu yang selamat Afrian Azhary dilarikan ke rumah sakit karena kondisinya lemah untuk mendapatkan pertolongan," ucapnya.

3. Pencarian melalui laut terkendala gelombang‎

Mandi di Laut, 1 Wisatawan Hilang di Pantai Parangtritis Pencarian korban laka melalui darat dengan penyisiran pantai. IDN Times/Istimewa

Tim SAR kata Ali, saat ini masih mencari keberadaan Faran Diva Bahtyararta yang belum ditemukan. Pencarian dilakukan dengan melakukan penyisiran di sepanjang pantai.

"Kita belum bisa melakukan pencarian dari laut karena kondisi gelombang yang masih besar dan membahayakan tim SAR sendiri," ucapnya.‎

Baca Juga: Berlibur ke Pantai Parangtritis, Waspadai Adanya Palung Mematikan!

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya