Litbangkes Nyatakan Pasien PDP di RSUD Bantul Negatif COVID-19

Pasien PDP diperbolehkan pulang

Bantul, IDN Times - ‎Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Panembahan Senopati Bantul telah menerima hasil laboratorium Litbangkes Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI terkait pemeriksaan sampel swab dari salah satu Pasien dalam Pengawasan (PDP) yang dirawat di ruang isolasi RSUD Bantul. Hasilnya, pasien tersebut dinyatakan negatif COVID-19.

Baca Juga: Cuci Tangan dengan Hand Sanitizer atau Air dan Sabun? Ini Faktanya!

1. Kondisi pasien sudah membaik

Litbangkes Nyatakan Pasien PDP di RSUD Bantul Negatif COVID-19Simulasi penyakit menular yang dilakukan oleh RSUP dr. Sardjito. IDN Times/Siti Umaiyah

Kepala Humas RSUD Panembahan Senopati Bantul, Siti Rahayuningsih mengatakan kondisi pasien yang dinyatakan negatif COVID-19 sudah membaik dan tidak ada keluhan lagi, sehingga pasien diperbolehkan pulang.

"Hari ini pasien sudah diperbolehkan pulang," katanya, Kamis (12/3).

2. Pasien mempunyai riwayat usai pulang umrah

Litbangkes Nyatakan Pasien PDP di RSUD Bantul Negatif COVID-19Ilustrasi jemaah umrah (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Siti menerangkan, pasien PDP ini mempunyai riwayat usai pulang dari ibadah umrah dan mengalami gejala mengarah ke COVID-19. Pada tanggal 4 Maret, pasien atas inisiatif sendiri memeriksakan diri ke IGD RSUD Panembahan Senopati Bantul.

"Karena memiliki gejala mengarah ke COVID-19 dan berasal dari negara yang telah terjangkit maka pasien langsung dirawat di ruang isolasi," ungkapnya.

Setelah menjalani perawatan mulai tanggal 4 hingga 12 Maret, kondisinya terus membaik. Hasil swab sampel juga negatif COVID-19 sehingga pasien diperbolehkan pulang.

"Meski pulang namun pasien tetap harus melakukan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat)dan membatasi kontak dengan orang lain," terangnya.

3. RSUD Bantul menerima lebih dari 100 APD cover all‎

Litbangkes Nyatakan Pasien PDP di RSUD Bantul Negatif COVID-19Ilustrasi alat pelindung diri. IDN Times/Wira Sanjiwani

Terkait dengan ketersediaan Alat Pelindung Diri APD bagi petugas medis, Siti mengatakan saat ini RSUD Panembahan Senopati sudah mendapatkan kiriman lebih dari 100 APD lengkap atau cover all. Dalam waktu dekat, akan datang lagi 200 APD lengkap.

"Jadi untuk kebutuhan APD masih sangat mencukupi," ujarnya.‎

Baca Juga: Satu Pasien ODP Covid-19 yang Dirawat di RSUD Bantul Diizinkan Pulang

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya