Comscore Tracker

Libur Nataru, Petugas Rekayasa Arus Lalu Lintas Sekitar Bandara YIA

Underpass bandara kunci pengurai kemacetan

Kulon Progo, IDN Times - Menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020, Dinas Perhubungan Kabupaten Kulon Progo bersama Satlantas Polres Kulon Progo melakukan pengecekan jalan di sekitar Yogyakarta International Airport (YIA). Tujuannya untuk mengatur manajemen lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan.

Baca Juga: Mulai 1 Desember 2019, Perjalanan KA Bandara Menuju YIA Ditambah

1. Petugas memetakan ruas jalan di sekitar Bandara YIA yang berpotensi macet‎

Libur Nataru, Petugas Rekayasa Arus Lalu Lintas Sekitar Bandara YIAPetugas melakukan pemetaan jalan disekitar Bandara YIA yang berpotensi macet saat libur Nataru. IDN Times/Istimewa

Kepala Seksi Operasional dan Pengendalian Dishub Kulon Progo, Bhekti Nurada, mengatakan dari pemetaan beberapa ruas jalan yang menyebabkan kemacetan di antaranya simpang tiga pintu masuk bandara, area pembangunan underpass dan simpang Pangkalan dan sekitar Pasar Glaeng.

"Titik-titik itu berpotensi terjadinya kemacetan dan hari ini kita cek untuk memetakan kerawanan," katanya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (4/12).

2. Berada di jalan nasional, Bandara YIA menjadi permasalahan sendiri‎

Libur Nataru, Petugas Rekayasa Arus Lalu Lintas Sekitar Bandara YIAJalan underpass Bandara YIA. IDN Times/Istimewa

Pasca beroperasinya Bandara YIA pada bulan Mei 2019 yang lalu, kata Bhekti, aktivitas lalu lintas semakin ramai dan diperkirakan akan semakin padat pada liburan Nataru mendatang. 

"Bandara YIA persis berada di jalur nasional selatan Jawa itu menjadi permasalahan tersendiri," ujar Bhekti.

Potensi kemacetan juga berpotensi akan terjadi dari simpang Pasar Glaeng sampai Pangkalan. Jalur ini merupakan pengalihan dari jalan JJLS yang terpotong proyek bandara. Sementara underpass di bawah kompleks bandara belum ada kepastian kapan akan dioperasikan.

"Serah terimanya akan dilakukan 6 Desember nanti, jika bisa dibuka akan mengurangi potensi kemacetan," ungkapnya.

"Saat libur Nataru kita akan menerjunkan 35 personel selama sepekan mulai tanggal 24 Desember hingga 31 Desember 2019," jelasnya lagi.

3. Polres Kulon Progo siapkan rekayasa lalu-lintas jika terjadi kemacetan‎

Libur Nataru, Petugas Rekayasa Arus Lalu Lintas Sekitar Bandara YIAPemantauan titik-titik yang berpotensi macet saat libur Nataru di jalan sekitar Bandara YIA. IDN Times/Istimewa

Kasat Lantas Polres Kulon Progo, AKP Maryanto, mengatakan pihaknya akan melakukan pengawasan dan mendirikan pos pantau. Petugas lalu lintas juga akan disiagakan di objek wisata dan titik-titik yang berpotensi terjadi kemacetan.

"Kita siapkan rekayasa lalu lintas dan petugas juga akan berpatroli untuk mengurai kemacetan jika terjadi," ujarnya.‎

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Angkasa Pura Mulai Buka Seleksi Mitra Usaha Komersial Bandara YIA 

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya