Comscore Tracker

Libur Natal, Kunjungan Wisatawan ke Pantai di Bantul Malah Turun

Petugas lakukan monitoring prokes kepada wisatawan

Bantul, IDN Times - Saat libur Natal 25 Desember 2020, jumlah wisatawan yang mengunjungi objek wisata pantai di Kabupaten Bantul menurun, yaitu hanya mencapai 9 ribuan pengunjung. Padahal, jumlah kunjungan wisatawan pada libur panjang akhir pekan biasanya mencapai 14 ribuan.

"Angka kunjungan wisatawan jauh menurun padahal libur Natal termasuk libur long weekend karena liburnya hingga hari Minggu," kata Sekretaris Dinas Pariwisata Bantul, Annihayah, Jumat (25/12/2020).

Baca Juga: 50 Personel Gabungan Siap Pantau Prokes dalam Pilur Bantul

1. Pantai Parangtritis penyumbang terbanyak kunjungan wisatawan

Libur Natal, Kunjungan Wisatawan ke Pantai di Bantul Malah TurunSekretaris Dinas Pariwisata Bantul, Annihayah (kiri). IDN Times/Daruwaskita

Jumlah kunjungan sebanyak 9.540 wisatawan tersebar di objek wisata Pantai Parangtritis sebanyak 8.260 pengunjung, Pantai Samas 800, Pantai Goa Cemara 130, Pantai Kuwaru 50 wisatawan dan Pantai Baru 300 orang. Sementara objek wisata non pantai seperti Goa Selarong dan Cerme pengunjungnya masing-masing hanya 175 dan 18 pengunjung.

Annihayah menduga, menurunnya jumlah kunjungan ini adalah imbas dari kebijakan wajib rapid test antigen bagi wisatawan dari luar DI Yogyakarta.

"Jadi memang kunjungan wisatawan ke objek wisata yang dikelola Pemkab Bantul ada penurunan jika dibandingkan saat libur long weekend tanpa syarat surat rapid test antigen," ujarnya.

2. Pengunjung sudah menaati protokol kesehatan di objek wisata

Libur Natal, Kunjungan Wisatawan ke Pantai di Bantul Malah TurunPantai Parangtritis Bantul. IDN Times/Daruwaskita

Annihayah juga menyebutkan, dari pantauan di lapangan, wisatawan sudah menerapkan protokol kesehatan seperti yang sudah disosialisasikan terus menerus oleh pihak terkait.

"Tadi kita monitoring prokes kepada wisatawan dan hasilnya wisatawan mentaati prokes," tuturnya.

3. Wisatawan tak gubris Bantul masuk zona merah penularan COVID-19

Libur Natal, Kunjungan Wisatawan ke Pantai di Bantul Malah TurunIlustrasi Virus Corona. IDN Times/Mardya Shakti

Sementara, salah satu wisatawan dari Temanggung, Jawa Tengah, Esti, mengaku sengaja datang ke Pantai Parangtritis bersama dengan keluarga serta menggunakan mobil pribadi agar lebih aman dari paparan COVID-19.

Esti juga mengaku mengetahui Kabupaten Bantul masuk zona merah penularan COVID-19 namun tak diambil pusing.

"Selama kita ketat dalam menerapkan prokes saya yakin tidak tertular. Yang pasti berpikiran positif, hati senang, tubuh juga sehat pasti tidak tertular," ucapnya.

Baca Juga: Tak Ada Surat Rapid Antigen, Wisatawan akan Diminta Tinggalkan Lokasi

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya