Langgar Etika Pamong Desa, Kadus Tegalrejo Dipecat

Belum membayar denda sanksi sosial Rp5 juta

‎Bantul, IDN Times - ‎Kepala Dusun Tegalrejo, JUN, akhirnya dipecat oleh Kepala Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Bantul, Wahyu Widodo. Pemecatan dilakukan, karena JUN tertangkap basah berselingkuh dengan perempuan yang telah bersuami.

Baca Juga: Bantah Selingkuh, Kadus Tegalrejo Mengaku Bicara Bisnis Saat Digerebek

1. Kadus Tegalrejo dipecat sejak tanggal 1 Maret 2020

Langgar Etika Pamong Desa, Kadus Tegalrejo DipecatKepala Desa Srigading Sanden Bantul, Wahyu Widodo (nomor 2 dari kanan). IDN Times/Daruwaskita

Kepala Desa Srigading, Wahyu Widodo menyatakan telah menghentikan Kepala Dusun Tegalrejo, terhitung sejak1 Maret 2019 yang lalu. Sehingga berbagai permasalahan yang menimpa Kadus Tegalrejo sudah dianggap selesai.

"Sudah saya berhentikan bulan ini, per 1 Maret 2020," katanya, Senin (9/3).

2. Belum terbukti selingkuh, namun langgar etika pamong desa

Langgar Etika Pamong Desa, Kadus Tegalrejo Dipecatthehealthy.com

Pemecatan terhadap Kadus Tegalrejo, karena dianggap telah melakukan pelanggaran etika.

"Saya bilang dugaan tindakan perselingkuhan ya, karena itu belum terbukti. Kejadian itu di dalam rumah jadi belum terbukti," kata Wahyu.

 

3. Pemecatan Kadus Tegalrejo dinilai terlambat

Langgar Etika Pamong Desa, Kadus Tegalrejo DipecatSurat pernyataan dari Dukuh JN mengaku telah berselingkuh dengan TR. IDN Times/Istimewa

Sementara Sujodo, salah satu warga Dusun Soge Sanden yang turut menangkap basah JUN mengatakan, puas dengan keputusan tersebut. Namun sanksi pemecatan menurutnya terlalu lama.

"Respon Kepala Desa Wahyu Widodo terlambat, bahkan terkesan membela Kadus Gadingharjo karena pemecatan baru dilakukan awal bulan Maret ini," ungkapnya.

Kadus JUN juga dianggap ingkar janji. Berdasarkan perjanjian, dia harus membayar uang sebesar Rp5 juta, sebagai sanksi sosial karena telah berselingkuh dengan perempuan yang sudah punya suami.

"Ini akan menjadi catatan hitam mantan Kadus Tegalrejo yang ingkar membayar sanksi sosial, meski sudah ada perjanjian di atas meterai dengan warga Dusun Soge Sanden," tegasnya.‎

Baca Juga: Sempat Diperiksa Polisi, Ini 10 Fakta Perjalanan Karier Ririn Ekawati

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya