Comscore Tracker

Lakukan Vandalisme 22 Anggota Geng Morenza Diamankan Polisi

Polisi belum menetapkan tersangka 

Bantul, IDN Times - Polisi menangkap 22 remaja yang sebagian besar masih berstatus sebagai pelajar.  Puluhan remaja yang merupakan geng pelajar, Morenza ditangkap karena diduga terlibat aksi vandalisme di sebuah gudang milik warga di Jalan Samas tepatnya di Dusun Siten, Bambanglipuro, Senin (28/12/2020) petang sekitar pukul 17.00 WIB

Polisi juga mengamankan sebanyak 11 unit sepeda motor dan cat pilox. Seluruh barang bukti saat ini diamankan di Mapolsek Bambanglipuro.

 

1. Kejahatan vandalisme berpotensi menjadi kejahatan jalanan

Lakukan Vandalisme 22 Anggota Geng Morenza Diamankan PolisiKasat Reskrim Polres Bantul, AKP Ngadi (tengah). IDN Times/Daruwaskita

Kasat Reskrim Polres Bantul AKP Ngadi mengatakan vandalisme dikhawatirkan menjadi awal tindak kejahatan jalanan atau yang akrab disebut kejahatan klitih yang meresahkan warga.

"Dari tulisan pada gudang tersebut (bertuliskan Morenza) akan bisa menunjukkan kekuatan geng Morenza dan memicu terjadinya tawuran antar geng pelajar untuk adu kekuatan dan akhirnya kejahatan jalanan akan terjadi," katanya di Mapolres Bantul, Selasa (29/12/2020).

"Dari tindak kejahatan vandalisme itu mereka ingin menunjukkan geng yang bernama Morenza dan ini berpotensi terjadi tawuran antar geng," tambahnya lagi.

 

2. Belum ada tersangka dalam kasus ini

Lakukan Vandalisme 22 Anggota Geng Morenza Diamankan Polisi22 remaja anggota geng Morenza ditangkap polisi. IDN Times/Daruwaskita

Mantan Kasat Reskrim Polres Kulon Progo ini menyatakan pihaknya masih mendalami siapa saja yang terlibat tindak vandalisme. Bagi yang terlibat akan segera diproses hukum,  sedangkan yang tidak akan dilakukan pembinaan.

"Hampir semua remaja yang kita amankan masih di bawah usia dan kita belum menetapkan adanya tersangka," ujarnya.

Ngadi menambahkan dalam pemeriksaan diketahui pelaku baru terlibat satu kali melakukan vandalisme.

Baca Juga: Miris, Aksi Vandalisme Nodai Bangunan Cagar Budaya 

3. Indarto kaget anaknya bergabung geng Morenza

Lakukan Vandalisme 22 Anggota Geng Morenza Diamankan PolisiIndarto (44) ayah dari Amrul (21) salah satu pelaku yang ditangkap oleh polisi. IDN Times/Daruwaskita

Sementara salah satu orang tua pelaku, Indarto (44) mengaku kaget anaknya menjadi salah satu anggota geng Morenza,. Padahal anaknya mengaku sedang berada di Solo.

"Jadi anak saya itu sudah lulus SMK III Migas Yogyakarta tiga tahun yang lalu dan sudah bekerja sebagai sopir truk. Tapi saya tidak percaya anak saya ke Solo karena tidak membawa truk. Bahkan dalam video media sosial saya melihat sendiri anak saya ikut diamankan polisi bersama teman yang lainnya karena vandalisme," tambahnya.

Atas kejadian tersebut Indarto mengaku akan lebih mengawasi kegiatan anaknya karena tidak ingin terlibat dalam tindak kejahatan jalanan.

"Anak saya itu senang menggambar dan mungkin diajak ikut menggambar. Anak saya ikut temannya dan akhirnya dibawa ke Polres Bantul," terangnya.
 

Baca Juga: Libur Natal, Kunjungan Wisatawan ke Pantai di Bantul Malah Turun

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya