Comscore Tracker

Lagi-Lagi, Ratusan Santri Ponpes di Bantul Positif COVID-19

Berawal dari enam santri yang positif 

Bantul, IDN Times - ‎Kasus COVID-19 di Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Iman di Padukuhan Bibis, Kalurahan Timbulharjo, Kapanewon Sewon, Kabupaten Bantul, masih terus bertambah. Hingga kini, ada 141 santri yang terpapar COVID-19 dari sebelumnya 55 orang. 

"Hasil swab PCR pada hari Rabu pekan lalu telah keluar pada Senin (28/6/2021) dengan hasil 86 positif dari 100 santri yang di swab PCR," kata Dukuh Bibis, Muhammad Irvan, saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Selasa (29/6/2021).

Baca Juga: 70 Warganya Kena COVID-19, Satu Kampung di Bantul Terpaksa Lockdown

1. Seluruh santri yang positif menjalani isolasi mandiri di ponpes setempat

Lagi-Lagi, Ratusan Santri Ponpes di Bantul Positif COVID-19Ilustrasi santri di pondok pesantren. ANTARA FOTO/Fauzan

Irvan mengatakan, seluruh santri yang dinyatakan positif saat ini menjalani isolasi di ponpes setempat. Kondisi mereka mulai membaik. Sebagian besar santri sudah tidak merasa flu, pusing, deman bahkan santri yang sempat kehilangan indra penciuman dan pengecap sekarang sudah kembali normal.

"Tinggal sedikit yang masih kehilangan indra penciuman dan pengecap atau rasa," ucapnya.

2. Bantuan sembako dan obat-obatan mengalir dari donatur‎

Lagi-Lagi, Ratusan Santri Ponpes di Bantul Positif COVID-19Bantuan sembako dan obat-obatan berdatangan ke Ponpes Nurul Iman.(IDN Times/Daruwaskita)

Irvan mengaku, bantuan dari para donatur sudah mulai masuk terutama sembako dan vitamin sehingga sangat membantu para santri untuk pulih dari paparan COVID-19.

"Jadi santri yang sehat dibantu pengasuh ponpes yang juga sehat mempersiapkan berbagai kebutuhan sehari-hari dari santri yang menjalani isolasi," ungkapnya.

3. Berawal dari enam santri yang positif COVID-19‎

Lagi-Lagi, Ratusan Santri Ponpes di Bantul Positif COVID-19Santri di Ponpes Nurul Iman jalani uji swab PCR massal. (IDN Times/Daruwaskita)

Ratusan santri yang terpapar COVID-19, kata Irvan, berawal ketika ada enam santri yang mengalami gejala COVID-19. Mereka kemudian memeriksakan diri dan dinyatakan positif COVID-19.

Selanjutnya dilakukan swab massal kepada santri yang kontak erat pada Senin (21/6/2021) yang hasilnya 49 santri positif sehingga total santri yang positif mencapai 55 orang.

Pada Rabu (23/6/2021) digelar lagi swab massal kepada 100 santri lainnya dan hasilnya 86 santri dinyatakan positif COVID-19 dan hanya sisanya dinyatakan negatif atau tidak terpapar COVID-19.

"Total santri ada 183 orang belum termasuk pengasuh pondok dan kini 141 santri dinyatakan positif COVID-19 dan harus menjalani isolasi mandiri di bawah pengawasan Satgas COVID-19 kalurahan dan kapanewon," terangnya.‎

Baca Juga: Pemkab Bantul Akan Bangun Instalasi Oksigen Bagi Pasien COVID-19   

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya