Comscore Tracker

KPU Bantul Gelar Rapat Pleno Perolehan Kursi Parpol dan Caleg Terpilih

Berkurang 1 kursi, PDIP tetap jadi pemenang Pileg 2019

Bantul, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Bantul menggelar Rapat Pleno Penetapan Perolehan Kursi untuk Partai Politik dan Penetapan Calon Terpilih Anggota DPRD Bantul periode 2019-2024 di Burza Hotel, Jogokariyan Kota Yogyakarta, Senin (22/7).

1. Rapat pleno mengacu pada surat dinas KPU RI Nomor 1027‎

KPU Bantul Gelar Rapat Pleno Perolehan Kursi Parpol dan Caleg TerpilihIDN Times/Daruwaskita

Ketua KPUD Bantul, Didik Joko Nugroho mengatakan rapat pleno dengan dua agenda utama tersebut mengacu dari surat dinas KPU RI Nomor 1027 yang terbit pada 17 Juli 2019 yang lalu.

"Hari ini merupakan hari terakhir menggelar rapat pleno karena paling lambat rapat pleno digelar 5 hari setelah surat diterima," katanya.

2. Semua calon terpilih telah membuat LHKPN‎

KPU Bantul Gelar Rapat Pleno Perolehan Kursi Parpol dan Caleg Terpilih(Ilustrasi pengisian Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara) elhkpn.kpk.go.id

Rapat pleno digelar di hari terakhir untuk memastikan agar semua dokumen untuk calon terpilih anggota DPRD Bantul periode 2019-2024 yang berjumlah 45 orang terpenuhi.

"Salah satu syarat yang penting adalah LHKPN semuanya sudah kita terima dari 45 calon anggota DPRD Bantu periode 2019-2024," ungkapnya.

3. Pileg 2019 di Bantul tak ada sengketa di Mahkamah Konstitusi‎

KPU Bantul Gelar Rapat Pleno Perolehan Kursi Parpol dan Caleg TerpilihANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Lebih jauh Didik mengatakan syarat lain yang paling krusial sehingga KPUD Bantul bisa melakukan penetapan perolehan kursi dan calon terpilih selain LHKPN yaitu tidak ada sengketa Pemilihan Legislatif di Bantul yang sampai ke Mahkamah Konstitusi.

"Jadi semua sudah tercukupi syarat sehingga rapat pleno kita gelar," tuturnya.

4. Meski kursi berkurang, PDI Perjuangan masih menangi Pileg 2019‎

KPU Bantul Gelar Rapat Pleno Perolehan Kursi Parpol dan Caleg TerpilihIDN Times/Daruwaskita

Sementara dalam rapat pleno penetapan perolehan kursi partai politik, PDI Perjuangan mendapatkan 11 kursi atau berkurang 1 kursi dari Pileg 2014 yang mendapatkan kursi 12.  Partai Gerindra menyusul dengan 8 kursi atau naik 2 kursi dari Pileg sebelumnya yang hanya mendapatkan 6 kursi.

Pada urutan ketiga ada PKB dengan 6 kursi atau naik 2 kursi. Sementara, Partai Golkar dan PAN mendapatkan 5 kursi namun jatah PAN turun 1 kursi. PKS mendapatkan 4 kursi, sedangkan Partai Demokrat, PPP masing-masing mendapatkan 2 kursi dan PPB serta NasDem mendapatkan masing-masing 1 kursi.

"Ya kita bersyukur perolehan kursi Partai Gerindra naik 2 kursi dari 6 kursi menjadi 8 kursi dan sudah sesuai target dari DPC Partai Gerindra Bantul,"kata Darwinto, Sekretaris DPC Gerindra Bantul.‎

Baca Juga: DPRD Kaget Slogan Bantul 'Projotamansari' di Sejumlah Gapura Dihapus

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You