Comscore Tracker

Kemendikbud RI Gelar Lomba Kompetisi Siswa SMK Tingkat Nasional di JEC

Kemendikbud juga gandeng dunia industri dan usaha‎

Bantul, IDN Times - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerja sama dengan dunia industri dan usaha dalam penyelenggaraan Lomba Kompetisi Siswa (LKS) SMK Tingkat Nasional XXVII 2019 yang digelar di Jogja Expo Center (JEC), 7-13 Juli 2019.

"LKS SMK yang ke-27 ini yang dilaksanakan di Yogyakarta setara dengan Olimpiade Sains Nasional (OSN) bagi siswa SMK," kata Direktur Pembinaan SMK, Kemendikbud RI, Bakrun dalam acara‎ Pelaksanaan LKS SMK, Jumat (12/7).

1. Peserta LKS SMK 2019 mencapai 759 SMK dari 34 provinsi‎

Kemendikbud RI Gelar Lomba Kompetisi Siswa SMK Tingkat Nasional di JECIDN Times/Daruwaskita

LKS SMK yang digelar ini yang diikuti perwakilan pelajar SMK dari 34 provinsi di Indonesia ini bertujuan untuk memperkuat pendidikan vokasi melalui sinkronisasi pendidikan dan pelatihan agar sinergi dengan kebutuhan dunia kerja.

"Ada 759 siswa SMK dari 34 provinasi yang berkompetisi dalam 32 kompetisi yang diperlombakan. Bidang-bidang yang dikompetisikan sebagain besar berkaitan dengan teknologi informasi," ucapnya.

Baca Juga: Tiga Mahasiswa Kudus Rancang Tempat Sampah Pintar Berbasis Internet

2. Gandeng dunia industri dan usaha untuk mengetahui kekurangan dari kurikulum yang diajarkan‎

Kemendikbud RI Gelar Lomba Kompetisi Siswa SMK Tingkat Nasional di JECIDN Times/Daruwaskita

Lebih jauh, Bakrun mengatakan selain kompetensi umum yang dilombakan seperti tata boga, tata busana dan lain-lain, dalam LKS SMK 2019 ini diperlombakan pula kompetensi yang meliputi automobile technology, mobile robotic, IT software solution, Web technology, beauty therapy, landscape dan gardening serta metrologi.

"Mengapa kita menggandeng dunia indusutri dan usaha, agar kita bisa melakukan perbaikan apa kekurangan dari kurikulum yang diajarkan," tambahnya.

3. PT Kawan Lama Sejahtera hadirkan alat-alat industri berbasis sistem komputerisasi‎

Kemendikbud RI Gelar Lomba Kompetisi Siswa SMK Tingkat Nasional di JECIDN Times/Daruwaskita

Sementara, Komisaris PT Kawan Lama Sejahtera Tony Sartono mengatakan perusahaan turut terlibat dalam LKS SMK 2019 karena pada era Revolusi Industri 4.0, dunia industri membutuhkan tenaga kerja yang mampu mengoperasikan alat-alat dengan sistem komputerisasi.

"Kita memiliki alat-alat itu dan bisa menjadi ajang bagi siswa SMK untuk belajar mengoperasikan mesin-mesin yang berbasis pada komputer tersebut,"katanya.‎

Baca Juga: Hasil Riset, 5 Persen Siswa SMAN dan SMKN di Jakarta Rentan Bunuh Diri

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You