Comscore Tracker

Lagi, Belasan Kambing di Gunungkidul Mati Diserang Anjing Liar

Serangan tersebut terjadi dalam beberapa hari terakhir

Gunungkidul, IDN Times - ‎Kawanan anjing liar kembali menyerang ternak kambing milik warga di Padukuhan Widoro, Kalurahan Giripurwo, Kapanewon Purwosari, Kabupaten Gunungkidul. Akibatnya, belasan kambing milik warga mati dengan luka gigitan di beberapa bagian tubuh.

Baca Juga: Belasan Kambing di Gunungkidul Mati Diserang Hewan Misterius

1. Ada 18 ekor kambing milik warga yang mati diserang kawanan anjing liar‎

Lagi, Belasan Kambing di Gunungkidul Mati Diserang Anjing LiarIlustrasi kambing mati diserang hewan liar. (Dok. Istimewa)

Kapolsek Purwosari, AKP Ismanto, mengatakan kejadian anjing liar menyerang diketahui oleh warga saat tiga kambing milik warga Padukuhan Widoro ditemukan mati di kandang pada 16 November 2021 lalu. Selang satu hari setelahnya (17/11/2021), tiga ekor milik kambing warga yang lainnya juga ditemukan mati di kandang.

"Pada tanggal 18 November 2021 ditemukan lagi tujuh ekor milik dua warga lainnya juga mati," katanya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat (19/11/2021).

"Satu pekan yang lalu ada lima ekor kambing juga ditemukan mati di kandang sehingga total kambing yang mati 18 ekor," ujarnya lagi.

Menurutnya kambing yang ditemukan mati di kandang meninggalkan bekas luka gigitan di leher, perut bahkan sampai ke bagian pantat kambing.

"Hampir semua kambing yang mati meninggalkan bekas gigitan," ucapnya.

2. Sebelum kambing ditemukan mati, warga sempat melihat kawanan anjing liar‎

Lagi, Belasan Kambing di Gunungkidul Mati Diserang Anjing LiarIlustrasi anjing liar. (commons.wikimedia.org/Kandukuru Nagarjun)

Dugaan sementara penyebab kematian belasan kambing milik warga akibat serangan hewan liar berupa anjing liar. Hal tersebut diperkuat dengan kesaksian warga yang melihat adanya anjing liar berkeliaran di dekat kandang kambing.

"Diduga hewan liar yang menyerang adalah kawanan anjing liar sebab ada warga yang melihat empat ekor anjing berada di kandang kambing yang kosong," ungkapnya.

3. Kawanan hewan liar menyerang kambing biasanya saat musim kemarau

Lagi, Belasan Kambing di Gunungkidul Mati Diserang Anjing LiarIlustrasi kandang kambing jauh dari pemukiman. Dok Humas Polres Wonogiri

Lurah Giripurwo, Supriyadi, mengatakan daerahnya memang langganan menjadi serangan hewan liar. Biasanya serangan itu terjadi saat musim kemarau. Namun, tahun ini ada juga serangan hewan liar saat musim penghujan.

"Tidak tahu kok musim penghujan masih ada hewan liar yang menyerang kambing, biasanya serangan terjadi saat musim kemarau," katanya.

Serangan hewan liar juga semakin berani karena kambing yang diserang kandangnya dekat dengan pemukiman warga.

"Jadi kambing yang mati tidak semua dimakan dagingnya hanya diserang di beberapa bagian tubuh yang mengakibatkan kambing kehabisan darah dan mati. Gigitan hewan liar menyasar pada bagian kaki atau paha bagian belakang," ujarnya.‎

Baca Juga: Sri Sultan Tetapkan UMP 2022, Kenaikan UMK Gunungkidul Curi Perhatian 

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya