Comscore Tracker

Kabupaten Kulon Progo Sementara Nol Kasus COVID-19

Pasien yang sembuh berasal dari Klaster Indogrosir 

Kulon Progo, IDN Times - ‎Sebanyak 10 pasien positif COVID-19 di Kabupaten Kulon Progo telah dinyatakan sembuh. Ini berarti menjadikan kabupaten yang terletak di bagian paling barat Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini dinyatakan bebas dari kasus COVID-19.

1. Hari ini 1 pegawai Indogrosir dinyatakan sembuh

Kabupaten Kulon Progo Sementara Nol Kasus COVID-19ilustrasi. Pasien sembuh dari COVID-19 ( ANTARA FOTO/FB Anggoro)

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penanggulangan COVID-19 Kabupaten Kulon Progo, Baning Rahayujati mengatakan hari ini terkonfirmasi satu pasien positif COVID-19 dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang sehingga tidak ada lagi pasien positif COVID-19 di Kabupaten Kulon Progo.

"Pasien kasus 10 dinyatakan sembuh dan hari ini sudah diperbolehkan pulang," katanya pada Jumat (5/6).

Baca Juga: Ibu Hamil Positif COVID-19 Melahirkan Bayi Perempuan Sehat  

2. Masih ada 9 pasien COVID-19 yang masih menunggu hasil swab‎

Kabupaten Kulon Progo Sementara Nol Kasus COVID-19Ilustrasi. Ruang deteksi polymerase chain reaction (PCR)/ANTARA FOTO/Moch Asim

Menurutnya keterangan Baning, kasus terakhir adalah merupakan bagian dari Klaster Indogrosir yaitu sebagai pegawainya.Pasien ini menjalani perawatan di RSUD Wates selama 27 hari.

"Dua kali hasil swab negatif dan dinyatakan sembuh," ucapnya.

Meski tak ada kasus positif COVID-19 namun Pemkab Kulon Progo masih menunggu hasil swab dari 5 pedagang yang dinyatakan reaktif rapid test serta 4 orang pendatang.

"Ya mudah-mudahan hasil swab juga negatif," katanya.

3. Masjid di Kulon Progo hari ini gelar Salat Jumat‎

Kabupaten Kulon Progo Sementara Nol Kasus COVID-19Ilustrasi. Suasana salat Jumat pertama di masjid, Jumat (5/6). IDN Times/Istimewa

Kabupaten Kulon Progo juga memberikan kelonggaran bagi umat Islam untuk menjalankan salat jumat di masjid. Namun pelaksanaan salat jumat tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ketat.

"Hari ini kita melaksanakan Salat Jumat, terakhir sejak akhir bulan Maret kegiatan salat jamaah di masjid ditiadakan,"ujar Ketua Takmir Masjid Agung Kulon Progo, Fauzan.‎

Baca Juga: Simulasi Protokol New Normal Sektor Pariwisata di DIY Siap Digelar

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya