Jumlah Wisatawan Turun, Dlingo Siapkan Spot Foto Baru

Biar menjadi daya tarik baru bagi pemburu swafoto

Bantul, IDN Times - Objek wisata alam yang ada di Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta masih menjadi tujuan utama wisata yang sejuk dan instagrammable.

Meski demikian, berdasarkan hasil evaluasi pengelola 11 objek wisata alam di Dlingo, angka kunjungan wisata pada 2019 mengalami penurunan bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2018.

1. Pengelola objek wisata alam di Dlingo evaluasi penurunan jumlah wisatawan

Jumlah Wisatawan Turun, Dlingo Siapkan Spot Foto BaruIDN Times/Istimewa

Koperasi Noto Wono yang mengelola obyek wisata mulai dari Seribu Batu, Pinus Asri hingga Pinus Pengger memperkirakan terjadi penurunan sekitar 30 persen pada tahun 2019 ini.

"Saya tidak hafal angka penurunannya karena tidak membawa dokumen namun saya perkirakan ada penurunan sekitar 30 persen," kata Purwo Harsono kepada IDN Times, Sabtu (18/5).

2. Banyak bermunculan obyek wisata alam lain yang juga menawarkan keindahan

Jumlah Wisatawan Turun, Dlingo Siapkan Spot Foto Baruinstagram.com/fikry_ahmeed

Ipung, panggilan akrab Purwo Harsono, menyatakan salah satu sebab penurunan jumlah wisatawan bisa dikarenakan muncul objek wisata alam lainnya yang tidak kalah indah dan juga terdapat banyak spot swafoto dan instagramable.

"Namun juga spot-spot yang ada untuk berswafoto hanya itu-itu saja sehingga ini menjadi evaluasi pengelola untuk lebih kreatif lagi menciptakan spot foto yang indah dan instagrammable," ucapnya.

Baca Juga: Ramadan, Kunjungan Wisatawan di Objek Wisata Alam Dlingo Turun Drastis

3. Penambahan pertunjukan hiburan tak menarik bagi wisatawan

Jumlah Wisatawan Turun, Dlingo Siapkan Spot Foto BaruIDN Times/Daruwaskita

Ipung menyatakan wisatawan yang datang ke wisata alam kurang menyukai adanya pertunjukan atau hiburan yang dimaksudkan untuk memeriahkan kawasan tersebut. Mereka lebih memilih menikmati ketenangan dan keindahan alam.

"Itu yang baru akan kita evaluasi kira-kira sesuatu yang baru seperti apa yang bisa menarik wisatawan untuk berkunjung," ungkap pria asli kelahiran Desa Mangunan Kecamatan Dlingo ini.

4. Ada spot foto baru saat libur Lebaran

Jumlah Wisatawan Turun, Dlingo Siapkan Spot Foto BaruIDN Times/Daruwaskita

Ipung lebih lanjut menyatakan untuk menyambut libur Lebaran pengelola telah menyiapkan spot baru untuk berswafoto di sejumlah objek wisata seperti Bukit Becici, Pinus Asri dan Pinus Pengger.

"Yang jelas spot untuk berswafoto punya latar belakang alam yang indah dan hanya bisa ditemukan ketika libur Lebaran," ungkapnya.

Baca Juga: Ini Titik Rawan Kemacetan di Bantul Selama Libur Lebaran

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya