Jembatan Ambruk, Jalan ke Tempat Wisata Pantai Sadeng Terputus

Beruntung tidak ada korban jiwa

Gunungkidul, IDN Times - Hujan lebat yang berlangsung Sabtu  (30/1/2021) malam di Kapanewon Girisubo menyebabkan jembatan utama penghubung Kalurahan Songbanyu dengan Pantai Sadeng terputus. Beruntung dalam peristiwa tersebut tidak memakan korban jiwa.

 

1. Jembatan putus sekitar pukul 23.00 WIB

Jembatan Ambruk, Jalan ke Tempat Wisata Pantai Sadeng TerputusHujan deras, jembatan penghubung Kalurahan Songbanyu dengan Pantai Sadeng terputus. IDN Times/Istimewa

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah I, Gunungkidul, Sunu Handoko Bayu Segara mengatakan kejadian tersebut diawali adanya hujan lebat yang mengguyur Kapanewon Girisubo pada Sabtu malam sekitar pukul 23.00 WIB.

"Air hujan dari dataran tinggi mengalir deras ke dataran rendah menuju Pantai Sadeng dan melewati jembatan tersebut. Karena hujan sangat lebat menyebabkan aliran air bertambah deras dan menyebabkan jembatan putus atau ambruk," ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Minggu (31/1/2021).

 

Baca Juga: Pasutri di Gunungkidul Tewas Tersengat Listrik Tinggalkan 4 Anak 

2. Aliran air hujan menggenangi rumah warga di Pantai Sadeng

Jembatan Ambruk, Jalan ke Tempat Wisata Pantai Sadeng TerputusHujan lebat juga menyebabkan rumah warga Pantai Sadeng tergenang air. IDN Times/Istimewa

Aliran air yang melewati jembatan ambrol tersebut akhirnya menggenangi rumah nelayan yang ada di Pantai Sadeng. Namun sejak Minggu (31/1/2021) pagi, air genangan surut dan warga mulai membersihkan rumah.

"Air sudah surut warga mulai membersihkan rumah dari genangan air hujan," ujarnya.

 

3. Akses warga Kalurahan Songbanyu ke Pantai Sadeng terputus

Jembatan Ambruk, Jalan ke Tempat Wisata Pantai Sadeng TerputusWarga gotong royong bersihkan lumpur yang terbawa oleh aliran air hujan. IDN Times/Istimewa

Putusnya jembatan mengakibatkan akses jalan dari Kalurahan Songbanyu ke tempat wisata Pantai Sadeng menjadi terhambat.

"Kalau jembatan putus maka warga yang akan ke Pantai Sadeng harus memutar melewati Baran, Rongkop. Bagitu pula warga Pracimantoro yang akan ke Pantai Sadeng atau sebaliknya juga melewati Rongkop," tambahnya lagi.

Saat ini kata Sunu, pihak Kalurahan Songbanyu tengah berkoordinasi dengan BPBD Gunungkidul untuk mengondisikan jembatan yang putus karena merupakan jalur yang sering dilewati masyarakat.

"Sampai saat ini jembatan belum terkondisi dan baru koordinasi antara kalurahan dengan BPBD Gunungkidul," tuturnya.
 

Baca Juga: Polisi Tetapkan Anak di Bawah Umur Pelaku Tabrakan Maut 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya