Jemaah Aolia' di Gunungkidul Gelar Salat Idul Fitri Hari Ini

Salat Idul Fitri digelar di rumah masing-masing jemaah

‎Gunungkidul, IDN Times - ‎Jemaah Aolia' menggelar Salat Idul Fitri hari ini, Minggu (1/5/2022). Pelaksanaan salat tidak dilakukan dipusatkan di satu tempat, namun di beberapa tempat di Gunungkidul. Hal ini disebabkan pengasuh jemaah hanya bersifat mengimbau tanggal pelaksanaannya.

1. Kemenang Gunungkidul benarkan jemaah Aolia' gelar salat Idul Fitri hari ini‎

Jemaah Aolia' di Gunungkidul Gelar Salat Idul Fitri Hari IniKemenag Kabupaten Gunungkidul. facebook.com/Kemenag Gunungkidul

Kepala Kantor Kementerian Agama, Gunungkidul Sa'ban Nuroni membenarkan para jemaah Aolia' melaksanakan Salat Idul Fitri pada hari ini. Kemenag Gunungkidul juga memantau pelaksanaan kegiatan tersebut.

"Ya memang informasinya seperti itu," katanya saat dihubungi melalui sambungan telepon oleh wartawan, Minggu (1/5/2022).

2. Salat Idul Fitri digelar atas imbauan pengasuh jemaah Aolia'

Jemaah Aolia' di Gunungkidul Gelar Salat Idul Fitri Hari IniJemaah Aolia' di Gunungkidul Gelar Salat Idul Fitri Hari Ini, Minggu (1/5/2022).(doc.Istimewa)

Jemaah Aolia' melaksanakan Salat Idul Fitri pada hari ini atas imbauan dari pengasuh jemaah Aolia', Ibnu Hajar. 

"Kita pantau, berdasarkan pemantauan yang kami lakukan, salat sangat internal. Jadi  hanya ada imbauan dari seseorang yang namanya Pak Hajar. Pak Hajar itu seorang Kiai atau Khos punya jemaah namanya Aolia'," terang Sa'ban Nuroni.

Terkait tempat pelaksanaan salat Idul Fitri jemaah Aolia', Sa'ban mengatakan pelaksanaannya tersebar di Gunungkidul. Namun dari pemantauan yang dilakukan tidak ada pelaksanaan yang melibatkan jemaah dalam jumlah yang banyak.

"Ada jemaah yang ikut dan ada yang tidak ikut, karena Ibnu Hajar hanya mengimbau pelaksanaan di rumah masing-masing," ujarnya.

Baca Juga: Pembuat Camilan Belalang Goreng Berharap Pemudik Borong Dagangan  

3. Pelaksanaan Salat Idul Fitri mendahului pemerintah hal yang lumrah

Jemaah Aolia' di Gunungkidul Gelar Salat Idul Fitri Hari IniIlustrasu pelaksanaan Salat Idul Fitri 1442 H di tengah pandemik COVID-19. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum).

Pelaksanaan Salat Idul Fitri yang mendahului pemerintah, menurut Sa'ban adalah hal lumrah dan tidak  melanggar aturan. 

"Ya gak papa, berbeda-beda tidak apa-apa, Jadi santai sajalah,"tambahnya lagi.‎

Baca Juga: Kemenag DIY Minta Khotbah Idul Fitri Tak Ada Muatan Politik 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya