Jelang Konfercab, PDIP Bantul Kirim 20 Nama Kandidat Ketua DPC

DPP PDI Perjuangan akan putuskan 3 nama calon

Bantul, IDN Times - Menjelang Konferensi Cabang (Konfercab) dan Konferensi Daerah (Konferda) serentak yang akan dilaksanakan pada 29 Juni 2019, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta telah menjaring 20 nama kandidat sebagai Ketua DPC PDI P Kabupaten Bantul dan 8 nama untuk calon Ketua DPD PDI Perjuangan DI Yogyakarta.

Baca Juga: Yogyakarta Jadi Destinasi Sport Tourism Penggemar Sepeda

1. 20 nama calon ketua DPC dan 8 nama calon ketu DPD telah dikirim ke DPP PDI Perjuangan‎

Jelang Konfercab, PDIP Bantul Kirim 20 Nama Kandidat Ketua DPCIDN Times/Daruwaskita

Kusbowo Prasetyo, Sekretaris DPC PDI Perjuangan, Kabupaten Bantul mengatakan kandidat tersebut merupakan hasil penjaringan pengurus dari tingkat anak ranting, dan pengurus anak cabang.

"Semua nama yang terjaring itu kita kirim langsung ke DPP PDI Perjuangan untuk dilakukan penjaringan, oleh DPP PDI Perjuangan dikirim lagi ke Konfercab dan Konferda serentak pada tangal 29 Juni 2019 mendatang," ungkapnya saat ditemui di Lapangan Jodog, Desa Gilangharjo, Kecamatan Pandak, Kabupaten Bantul, Minggu (23/6).‎

2. Tiga nama memperoleh suara terbanyak

Jelang Konfercab, PDIP Bantul Kirim 20 Nama Kandidat Ketua DPCIDN Times/Daruwaskita

Menurut Kusbowo, sebanyak tiga nama calon ketua DPC PDI Perjuangan Bantul yang diperkirakan memperoleh suara terbanyak adalah Hanung Raharjo, Dwi Kristiantoro dan Joko B Purnomo.

"Yang jelas akan ada minimal tiga nama yang akan diputuskan oleh DPP PDI Perjuangan untuk nantinya nama yang diputuskan tersebut dimusyawarahkan dalam Konfercab untuk dipilih menjadi Ketua DPC PDI Perjuangan Bantul," ungkapnya.

Baca Juga: Flash Mob Tarian Klasik di Malioboro Bikin Warganet Kagum 

3. Calon ketua DPC atau DPD akan dilihat rekam jejak calon dan prestasinya terhadap partai‎

Jelang Konfercab, PDIP Bantul Kirim 20 Nama Kandidat Ketua DPCIDN Times/Daruwaskita

Sementara Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Ideologi dan Kaderisasi, HM Idham Samawi menegaskan DPP PDI Perjuangan dalam menyaring tiga nama tersebut akan melihat jejak rekam calon dan prestasi yang diberikan kepada partai.

"Yang jelas tidak kena masalah hukum, apalagi pernah tersangkut narkoba. Itu jelas akan langsung dicoret," tegasnya.

4. Tidak ada mekanisme voting dalam pemilihan ketua DPC maupun DPD‎

Jelang Konfercab, PDIP Bantul Kirim 20 Nama Kandidat Ketua DPCANTARA FOTO/Wahyu Putro A

‎Mantan Bupati Bantul ini menyatakan dalam pemilihan calon ketua DPC ataupun DPD akan dilakukan dengan cara musyawarah dan tidak mengenal voting sehingga ketika terjadi dead lock saat pemilihan ketua DPC, maka akan diselesaikan oleh DPD dan seterusnya. Demikian pula dengan proses pemilihan ketua DPD.

"Nah setelah ketika sudah muncul nama ketua DPC atau DPD maka selanjutnya ketua yang terpilih akan mempersiapkan format  pembentukan kepengurusan baru untuk periode lima tahun ke depan," ungkapnya.‎

Baca Juga: Festival Perahu Naga di Laguna Pantai Depok Kurang Diminati Wisatawan

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya