Jangan Takut ya Lihat Monyet Turun Gunung Nglanggeran!

Persediaan makanan di puncak gunung habis

Gunungkidul, IDN Times - Persediaan makanan di atas Gunung Api Purba Nglanggeran habis, monyet ekor panjang mulai turun. Sejumlah warung menjadi sasaran monyet yang kelaparan tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Asti Wijayanti memastikan hal itu biasa terjadi setiap musim kemarau tiba, monyet akan turun mencarai makan. 

1. Tak ada penurunan jumlah wisatawan di Nglanggeran‎

Jangan Takut ya Lihat Monyet Turun Gunung Nglanggeran!IDN Times/Istimewa

Asti Wijayanti mengatakan monyet yang turun ke obyek wisata tidak berdampak terhadap jumlah wisatawan ataupun berencana akan menutup obyek wisata.

"Iya memang benar monyet ekor panjang turun ke obyek wisata Gunung Api Purba Nglanggeran karena kelaparan. Tapi Tidak menyerang wisatawan," katanya saat dihubungi IDN Times, Minggu (28/7).

Baca Juga: 11 Fakta Embung Nglanggeran, Destinasi Wisata Hits di Gunungkidul

2. Setiap musim kemarau monyet turun untuk mencari makan‎

Jangan Takut ya Lihat Monyet Turun Gunung Nglanggeran!ANTARA FOTO/Saiful Bahri

Peristiwa turunnya monyet ekor panjang bukan yang pertama kali terjadi, namun selalu setiap memasuki puncak musim kemarau. Hal ini disebabkan stok makanan yang ada di atas gunung mulai menipis bahkan sudah habis.

"Pengelola obyek wisata Gunung Api Purba Nglanggeran sudah terbiasa dengan fenomena monyet turun gunung itu," terangnya.

Pengelola sudah paham bagaimana memperlakukan monyet ekor panjang agar tidak mengganggu ataupun bahkan menyerang wisatawan.

3. Tak ada keluhan dari wisatawan

Jangan Takut ya Lihat Monyet Turun Gunung Nglanggeran!VisitingJogja.com/Angga Ari Fibuanto

Lebih jauh Asti mengatakan sejauh ini tidak ada laporan wisatawan yang mengeluhkan gangguan atau serangan dari monyet ekor panjang.

"Monyet itu memang asing dengan manusia, tidak seperti di Bali yang bisa diajak bermain. Asal tidak mengganggu monyet pasti tidak ada kejadian yang tidak diinginkan," ungkapnya.‎

Baca Juga: Monyet Ekor Panjang Gunung Api Purba Serbu Permukiman Warga

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya