Comscore Tracker

Jalan Raya Bantul Tetap Ramai, Bupati Takkan Tutup Jalan Utama 

Pemudik tetap diterima di Bantul, asal ikuti peraturan 

Bantul, IDN Times - ‎Seruan tetap di rumah untuk mencegah penularan COVID-19 terus dilakukan. Namun kondisi ini bertolak belakang dengan situasi di Bantul. Berdasarkan pantauan IDN Times, lalu lintas jalan utama di Kabupaten Bantul masih sangat ramai lalu lalang kendaraan roda empat dan motor. 

Baca Juga: Tingkatkan Populasi Sapi, DKKPP Bantul Berikan Inseminasi Buatan

1. Minta aparat kepolisian dan TNI di wilayah untuk terus melakukan sosialisasi jaga jarak dan di rumah saja

Jalan Raya Bantul Tetap Ramai, Bupati Takkan Tutup Jalan Utama Pemasangan disinfekatan dan petunjuk mencuci tangan dengan hand sanitizer. IDN Times/Istimewa

Saat dikonfirmasi hal ini, Bupati Bantul, Suharsono mengatakan sudah melakukan koordinasi dengan aparat kepolisian, TNI untuk memberikan sosialisasi agar masyarakat tetap berada di rumah. 

"Dalam pertemuan Forkompimda, saya sudah menjelaskan tugas  masing-masing untuk memberikan sosialisasi terkait COVID-19.Termasuk mengurangi aktivitas di luar rumah," katanya usai rapat Forkompimda Pemkab Bantul, Rabu (1/4).

2. Belum akan memutup sejumlah akses jalan utama yang ramai oleh pengguna jalan‎

Jalan Raya Bantul Tetap Ramai, Bupati Takkan Tutup Jalan Utama Bupati Bantul, Suharsono bertemu dengan ojek online sembari memberikan bingkisan bantuan. IDN Times/Istimewa

Pensiunan perwira menengah Polda Banten ini mengatakan, tidak mungkin melakukan pembatasan akses jalan raya seperti yang dilakukan beberapa kota besar.

"Bantul itu kan lingkungannya seperti di desa, bukan seperti di kota-kota yang sangat ramai. Jadi gak ada larangan, apalagi penutupan jalan utama," ucapnya.

Masyarakat di Bantul, kata Suhasono saat ini juga melakukan pembatasan akses masuk ke kampung. Sehingga setiap pendatang baru dapat di data dengan mudah. 

"Warga hanya membuka satu akses jalan untuk meminimalkan orang asing masuk, memudahkan pendataan pendatang baru maka hal itu tak masalah," terangnya.

3. Pemkab Bantul tak mungkin menolak pemudik yang pulang kampung‎

Jalan Raya Bantul Tetap Ramai, Bupati Takkan Tutup Jalan Utama Ilustrasi screening COVID-19. IDN Times/Daruwaskita

Soal pemudik yang pulang dari perantauan, Suharsono mengaku tak akan melarang kedatangannya ke Bantul, namun harus mengikuti protokol kesehatan. 

"Tidak mungkin saya melarang warga Bantul pulang kampung, namun jangan keluar rumah kalau sudah sampai kampung." ‎

Baca Juga: Bantul hanya Butuh Satu Minggu Persiapkan Rumah Sakit Darurat COVID-19

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya