Jalan Cinomati Dihapus dari Google Maps Selama Libur Lebaran

Jalan Imogiri-Mangunan jalur utama kendaraan wisatawan

Bantul, IDN Times - ‎Jalan Cinomati dilarang untuk dilalui oleh kendaraan wisatawan selama momen libur Lebaran 2023. Polres Bantul akan membuat pos pemantauan di jalan tersebut untuk mengalihkan wisatawan yang hendak melalui jalur tersebut dari kedua arah.

Selain itu, jalan ini juga akan dihapus dari Google Maps untuk sementara waktu.

1. Jalan Cinomati akan dinonaktifkan‎ dari Google Maps

Jalan Cinomati Dihapus dari Google Maps Selama Libur LebaranKapolres Bantul, AKBP Ihsan. (Dok. Polres Bantul)

Kapolres Bantul, AKBP Ihsan, mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kominfo dan Google agar selama momen libur Lebaran, jalan Cinomati tidak bisa lagi diakses atau dimatikan melalui Maps.

"Jadi selama libur dan cuti lebaran, pengguna jalan tak bisa lagi mengakses jalan Cinomati. Ini demi keselamatan wisatawan yang akan menuju Dlingo maupun keluar dari objek wisata di Dlingo," katanya, Senin (17/4/2023).

2. Jalan Imogiri-Mangunan (Dlingo) jalur utama kendaraan wisatawan‎

Jalan Cinomati Dihapus dari Google Maps Selama Libur LebaranJalan Imogiri-Dlingo. (IDN Times/Daruwaskita)

‎Wisatawan yang akan menuju objek wisata melalui Jalur Cinomati dari Kapanewon Pleret akan dialihkan melalui Jalan Imogiri-Dlingo.

"Ada petugas yang mengarahkan nanti kendaraan wisatawan akan melalui Jalan Imogiri Mangunan atau Dlingo," ucapnya.

Ihsan juga menjelaskan Jalan Imogiri-Mangunan atau Dlingo nanti akan menjadi jalan utama wisatawan baik yang menggunakan roda dua, empat hingga bus besar. Sedangkan bus besar yang akan melalui HeHa (Patuk) menuju Dlingo selama libur Lebaran dilarang dan akan dialihkan menuju Jalan Imogiri-Mangunan atau Dlingo.

"Untuk roda dua atau roda empat masih bisa melalui Jalan Patuk-Dlingo. Sedangkan bus besar yang nantinya akan keluar dari objek wisata Dlingo akan diarahkan menuju Jalan Imogiri kembali. Jadi Jalan Imogiri-Mangunan (Dlingo) jadi jalan utama menuju objek wisata di Dlingo," ujarnya.

"Bus besar juga dilarang melalu Jalan Mangunan (Simpang Tiga Kalurahan Mangunan) menuju Dlingo via tanjakan Kaliurang. Sebab selain jalan sempit terdapat tanjakan dan turunan tajam di Kaliurang dan sangat berbahaya," ucapnya lagi.

Baca Juga: Catat, Ini Titik Rawan Macet di Bantul saat Libur Lebaran

3. Bantul akan lonjakan arus lalu-lintas terjadi setelah Lebaran‎

Jalan Cinomati Dihapus dari Google Maps Selama Libur LebaranAntrian sepeda motor dan mobil pribadi wisatawan yang diputar balik di simpang tiga selatan Jembatan Kretek. (Dok. Istimewa)

Lebih lanjut, AKBP Ihsan memprediksi lonjakan arus mudik Lebaran akan terjadi pada H-3 Lebaran. Lonjakan arus lalu lintas di Bantul justru akan terjadi setelah Lebaran, sebab banyak pemudik yang akan berkunjung ke objek wisata di Kabupaten Bantul.

"Justru Bantul ini nantinya akan ramai setelah hari Lebaran sehingga jalan menuju objek wisata seperti Pantai Parangtritis dan Dlingo akan dipadati oleh kendaraan wisatawan," ucapnya.

"Pantai Parangtritis tetap menjadi magnet utama wisatawan atau pemudik untuk liburan," sambungnya.‎

Baca Juga: Ini Tarif Parkir Wisata Bantul, Juru Parkir Dilarang Ubah Aturan

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya