Libur Lebaran, IGD 17 RS dan 16 Puskesmas di Bantul Buka 24 Jam

Layanan poliklinik RSPS Bantul tutup 4 hari

Bantul, IDN Times - ‎Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bantul memastikan Instalasi Gawat Darurat (IGD) di 17 rumah sakit yang ada di wilayahnya buka 24 jam meski ada libur dan cuti Lebaran. Selain itu pelayanan IGD di 16 puskesmas rawat inap di Kabupaten Bantul juga buka 24 jam.

"Semua IGD di 17 rumah sakit dan 16 puskesmas rawat inap buka selama 24 tidak ada yang tutup selama libur dan cuti Lebaran," kata ‎Kepala Dinkes Bantul, Agus Budi Raharja, Rabu (27/4/2022).

Baca Juga: Momen Mudik, Pemkab Bantul Waspadai Kasus COVID-19 Melonjak

1. Layanan poliklinik di RSUD Panembahan Senopati tutup 4 hari

Libur Lebaran, IGD 17 RS dan 16 Puskesmas di Bantul Buka 24 JamLayanan poliklinik di RSUD Panembahan Senopati Bantul.(IDN Times/Daruwaskita)

Agus Budi mengatakan, pelayanan poliklinik di RSUD Panembahan Senopati (RSPS) Bantul akan tutup selama empat hari terhitung pada tanggal 2-5 Mei 2022. Sedangkan untuk pelayanan poliklinik di puskesmas hanya libur satu hari yakni pada 2 Mei 2022 atau hari pertama Lebaran.

"Semua puskesmas baik rawat jalan maupun rawat inap buka selama libur dan cuti Lebaran dan hanya tutup selama saat libur nasional (tanggal merah atau tanggal 2 Mei 2022)," tuturnya.

Bagi pasien yang harus menjalani kontrol di poliklinik yang bertepatan dengan pelayanan poliklinik yang tutup yakni pada tanggal 2-5 Mei 2022 maka pada kontrol terakhir akan diberikan obat untuk dikonsumsi selama pelayanan poliklinik tutup.

"Setelah pelayanan poliklinik buka kembali pasien bisa melakukan kontrol kembali di poliklinik," ucapnya.

2. Pelayanan PONEK buka 24 selama libur Lebaran‎

Libur Lebaran, IGD 17 RS dan 16 Puskesmas di Bantul Buka 24 JamRSPS Bantul operasional PONEK untuk menekanan AKI dan AKB.(doc.RSPS Bantul)

Agus Budi menjelaskan, pelayanan cuci darah di RSUD Bantul hanya akan libur pada tanggal 2 Mei 2022 atau hari pertama Lebaran. Pasien yang seharusnya menjalani cuci darah pada tanggal 2 Mei 2022 maka jadwalnya diajukan satu hari atau tanggal 1 Mei 2022 atau pada hari minggu.

"Jadi kalau untuk cuci darah, jadwalnya bisa diajukan namun tidak bisa mundur karena risikonya sangat besar," terangnya.

Sementara itu, pelayanan Obstetri Neonatal Emergency Komprehensif (PONEK) di RSUD juga tidak libur dan buka selama 24 jam. Pelayanan yang sama di RS PKU Muhammadiyah Bantul dan RSPAU Hardjolukito juga buka selama 24 jam.

"Tiga rumah sakit yang melayani PONEK akan buka 24 jam meski bersamaan dengan libur dan cuti Hari Raya Lebaran," kata Plt Direktur RSUD Panembahan Senopati Bantul ini.

3. Jadwal dan lokasi vaksinasi COVID-19 selama libur Lebaran‎

Libur Lebaran, IGD 17 RS dan 16 Puskesmas di Bantul Buka 24 JamIlustrasi vaksinasi COVID-19 (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Bagi pemudik atau warga Bantul yang belum menerima vaksinasi COVID-19, baik dosis pertama, kedua, maupun booster, pelayanan masih diberikan di sejumlah puskesmas.

Adapun jadwal pelayanan vaksinasi yaitu tanggal 29 April 2022 di Puskesmas Kasihan 2, Tanggal 30 April 2022 di Puskesmas Kasihan 2, Puskesmas Sedayu 2, Puskesmas Bantul 1, RSPAU Hardjolukito, dan RS PKU Muhammadiyah Bantul. Sedangkan pada tanggal 4 Mei 2022 di Puskesmas Bantul 1, dan pada tanggal 7 Mei 2022 di Pukesmas Kasihan 1, Puskesmas Sedayu 2 dan RS PKU Muhammadiyah Bantul.

"Silakan masyarakat yang belum vaksin bisa datang di puskesmas dan rumah sakit sesuai tanggal yang telah ditentukan," ucapnya.

Baca Juga: Pemkab Bantul Kandangkan Mobil Dinas saat Libur Lebaran

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya