Idul Fitri Beda Hari, Pemkab Bantul Hargai Perbedaan

Fasilitasi umat yang akan salat Idul Fitri di lapangan

Bantul, IDN Times - ‎Umat muslim di Indonesia termasuk di Kabupaten Bantul dimungkinkan akan merayakan Idul Fitri berbeda hari. Ada yang akan merayakan Idul Fitri pada Jumat (21/4/2023), ada yang baru merayakan pada hari Sabtu (22/4/2023).

1. Hormati Muhammadiyah yang akan Lebaran pada 21 April 2023

Idul Fitri Beda Hari, Pemkab Bantul Hargai PerbedaanWakil Bupati Bantul, Joko Purnomo (baju batik). (Dok. Diskominfo Bantul)

Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo, mengatakan Pemerintah Kabupaten Bantul sangat menghargai dan menghormati keputusan dari Muhammadiyah yang telah menetapkan Idul Fitri jatuh pada tanggal 21 April 2023.

"Kita sangat menghormati keputusan dari Muhammadiyah," katanya, Kamis (20/4/2023).

2. Tetap bersatu meski berbeda dalam perayaan Idul Fitri‎

Idul Fitri Beda Hari, Pemkab Bantul Hargai PerbedaanWakil Bupati Bantul Joko B Purnomo. (Dok. Kominfo Bantul)

Pemkab Bantul, kata Joko sampai hari ini masih menunggu keputusan dari pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama. Sehingga tentunya sebagai penyelenggara pemerintah daerah tentunya akan mengikuti apa yang diputuskan pemerintah.

"Namun jika nantinya terjadi perbedaan perayaan Idul Fitri (hari dan tanggal berbeda) maka kita tetap harus saling menghormati, menghargai dan tetap harus bersatu," ucapnya. "Bahwa dinamika, sudut pandang baik yang diputuskan Muhammadiyah maupun kemungkinan pemerintah berbeda maka Bantul harus tetap bersatu menyatu."

Baca Juga: Warga Bantul Boleh Gelar Takbir Keliling, Tak Dilarang Polres

3. Pemkal diminta fasilitasi umat Islam yang akan salat Idul Fitri di lapangan‎

Idul Fitri Beda Hari, Pemkab Bantul Hargai PerbedaanIlustrasi salat Idul Fitri di Gumuk Pasir, Parangkusumo. (IDN Times/Daruwaskita)

Politisi PDI Perjuangan ini mengaku sudah mengumpulkan takmir-takmir masjid di Kapanewon Pajangan (terkait perbedaan perayaan Idul Fitri) dan ada kesepakatan akan ada takbir keliling malam Sabtu. Artinya masjid-masjid yang salat Idul Fitri hari Jumat (21/4/2023) pagi tetap menghormati umat Islam lainnya yang merayakan Idul Fitri pada Sabtu (22/4/2023) pagi.

"Jadi nanti yang takbiran pada Kamis (20/4/2023) malam juga akan berpartisipasi (bersedia) mengikuti takbiran pada Jumat (21/4/2023) malam. Itu bagian untuk menggalang persatuan dan kesatuan dari umat Islam," tandasnya.

Pemkab Bantul juga meminta kepada pemerintah kalurahan untuk mengizinkan bahkan memfasilitasi jika ada lapangan-lapangan yang pada besuk Jumat (21/4/2023) pagi akan digunakan salat Idul Fitri.

"Jangan sampai ada hal-hal yang menghambat atau mengganggu dari umat Islam yang akan menjalankan ibadahnya," pungkasnya.‎

Baca Juga: Jemaah Aolia Gunungkidul Gelar Salat Idul Fitri Hari Kamis

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya