Hilang Saat Menjala Ikan, Nelayan di Pantai Kapen Ditemukan Tewas

Jenazah korban ditemukan di antara bebatuan karang

Gunungkidul, IDN Times - Seorang nelayan yang hilang saat menjala ikan di Pantai Kapen, Kabupaten Gunungkidul, pada Jumat dini hari (15/1/2021), akhirnya ditemukan dalam kondisi meninggal dunia. 

Jenazah Sastro Wiyono (65), warga Padukuhan Wonosobo II, Kalurahan Banjarejo, Kapanewon Tanjungsari, ditemukan SAR sudah meninggal dunia di bebatuan karang sisi timur dari lokasi pertama kali korban dilaporkan hilang.

Baca Juga: Fenomena Sinkhole Kembali Ancam Rumah Warga di Gunungkidul

1. Korban ditemukan sudah dalam kondisi meninggal dunia

Hilang Saat Menjala Ikan, Nelayan di Pantai Kapen Ditemukan TewasIlustrasi evakuasi jenazah. IDN Times/Istimewa

Koordinator SAR Satlinmwas Wilayah II Gunungkidul, Marjono, mengatakan pencarian yang dilakukan pada Jumat belum membuahkan hasil dan dilanjutkan pada hari Sabtu pagi (16/1/2021) sekitar pukul 04.00 WIB.

"Setelah dua jam tim SAR melakukan pencarian akhirnya membuahkan hasil. Korban ditemukan dengan kondisi meninggal dunia di bebatuan karang sisir timur korban dilaporkan hilang," ujarnya, Sabtu (16/1/2021).

2. Jenazah korban diantar ke rumah duka untuk dimakamkan

Hilang Saat Menjala Ikan, Nelayan di Pantai Kapen Ditemukan TewasIlustrasi pemakaman.(IDN Times/Ervan Masbanjar)

Jenazah korban, kata Marjono, dievakuasi dari bebatuan karang menuju pantai. Selanjutnya, jenazah diperiksa tim inavis Polres Gunungkidul dan dipastikan korban meninggal karena laka laut. Selanjutnya jenazah korban dibawa ke rumah duka untuk dimakamkan.

"Korban kita bawa ke rumah duka untuk dimakamkan," ucapnya.

3. Kronologi hilangnya Sastro di Pantai Kapen

Hilang Saat Menjala Ikan, Nelayan di Pantai Kapen Ditemukan TewasIlustrasi tenggelam. Shutterstok

Sebelumnya, Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II, Surisdiyanto, mengatakan seorang nelayan dilaporkan hilang di laut pada Jumat dini hari (25/1/2021). Tim SAR gabungan terus mencari keberadaan korban yang diduga tenggelam di laut tepatnya di Pantai Kapen, Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul.

Sastro dikabarkan hilang, berawal dari korban bersama dengan tiga rekannya yang juga nelayan berangkat mencari ikan ke Pantai Kapen pada Kamis malam (13/1/2021) sekitar pukul 24.00 WIB.

Setelah tiba di Pantai Kapen sekitar pukul 01.00 WIB korban kemudian berpencar dengan tiga rekannya. Korban memisahkan diri dengan tiga rekannya dengan membawa senter dan jaring. Saat itu kondisi laut sedang surut. 

Setelah beberapa jam menjaring ketiga teman korban berkumpul kembali. Namun korban tak kunjung kelihatan batang hidungnya. Mereka menunggu hingga pukul 08.00 WIB, tapi korban tak pernah kembali.

"Teman korban selanjutnya berinisiatif mencari keberadaan korban namun tak juga ditemukan dan hanya ditemukan senter serta jaring milik korban yang mengapung di Pantai Kapen," katanya pada Jumat (15/1/2021).

Karena korban tidak juga ditemukan akhir teman-teman korban melaporkan kejadian tersebut ke SAR Satlinmas. Ketika mendapat laporan petugas SAR kemudian berkoordinasi dengan keluarga korban.

"Kita kemudian melakukan pencarian dengan tim gabungan sebanyak 90 orang namun keberadaan korban belum juga ditemukan," ucapnya.

Baca Juga: Sepeda Motor Masuk Jurang, Nelayan di Gunungkidul Ditemukan Tewas

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya