Hari Pertama Puasa, Forpi Kota Jogja Pantau Kantor Pelayanan Publik

Bulan puasa tidak ada alasan untuk bermalas-malasan

Kota Yogyakarta, IDN Times - Memastikan pelayanan publik berjalan lancar di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta pada hari pertama puasa, Forum Pemantau Independen (Forpi) Kota Yogyakarta melakukan pemantauan di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Balai Kota Yogyakarta, Senin (6/5).

1. Kantor Dinas Penanaman Modal dan Perizinan (DPMP) Kota Yogyakarta terpantau lengang

Hari Pertama Puasa, Forpi Kota Jogja Pantau Kantor Pelayanan PublikIDN Times/Istimewa

Dari hasil pemantauan di kantor Dinas Penanaman Modal dan Perizinan (DPMP) Kota Yogyakarta, nampak pelayanan agak lengang.

Sekretaris DPMP Kota Yogyakarta, Christy Dewayani, mengatakan, semua staf hadir dan pelayanan berjalan lancar. Ditanya soal keberadaan Kepala DPMP Kota Yogyakarta.

"Kepala DPMP Kota Yogyakarta bersama pejabat struktural DPMP Kota Yogyakarta sedang memimpin rapat koordinasi," katanya.

Baca Juga: Hari Ini, Bandara YIA Resmi Beroperasi untuk Penerbangan Komersial

2. Warga mengantre di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil

Hari Pertama Puasa, Forpi Kota Jogja Pantau Kantor Pelayanan PublikIDN Times/Istimewa

Sementara itu, dari pemantauan di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Yogyakarta, antrean warga untuk mengurus dokumen kependudukan tampak cukup padat.

Sayangnya, tempat pemasangan papan informasi dan pengaduan masyarakat terhadap pelayanan di Disdukcapil Kota Yogyakarta kurang representatif.

Salah satu warga Kota Yogyakarta, Umi, mengatakan papan informasi itu salah penempatannya karena letaknya di pojok dan ketika warga yang masuk ruang pelayanan, pasti tidak mengerti adanya tata cara atau prosedur pengaduan di Disdukcapil Kota Yogyakarta. Apalagi tulisannya kecil.

"Saya sempat bingung ketika masuk ke ruangan pelayanan di Disdukcapil karena tidak pernah melihat adanya petugas di meja informasi di kantor Disdukcapil Kota Yogyakarta," ujarnya.

3. Pelayanan umum hari pertama puasa cukup lancar

Hari Pertama Puasa, Forpi Kota Jogja Pantau Kantor Pelayanan PublikIDN Times/Daruwaskita

Secara umum pelayanan publik pada hari pertama puasa di Pemerintah Kota Yogyakarta berjalan dengan lancar.

"Kita berharap selama bulan puasa kinerja para ASN di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta tetap berjalan seperti biasanya. Tidak ada alasan untuk bermalas-malasan karena bulan puasa," kata koordinator Forpi Kota Yogyakarta, Baharuddin Kamba.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya