Harga Bibit Bawang Merah Meroket, Naik Rp30 Ribu per Kilogram

Petani berharap memperoleh hasil panen bagus

Bantul, IDN Times - ‎Menjelang masa tanam bawang merah, petani di lahan pasir Kalurahan Srigading, Kapanewon Sanden merasa pusing dengan harga bibit bawang merah yang terus meroket. Saat ini harga bibit bawang merah mencapai Rp80 ribu per kilogram.

1. Harga bibit bawang merah naik Rp30 ribu per kilo

Harga Bibit Bawang Merah Meroket, Naik Rp30 Ribu per KilogramBendahara, Forum Komunikasi Petani "Ngremboko Nir Sambikala, Kalurahan Srigading, Kapanewon Sanden, Kabupaten Bantul, Abdul Mukid.(IDN Times/Daruwaskita)

Bendahara Kelompok Tani Ngrembaka Nirsambikala, Abdul Mukid mengatakan masa tanam bawang merah akan di mulai Juli mendatang, biasanya saat ini petani sudah membeli bibit untuk mendapatkan harga lebih murah. 

"Biasanya harga bibit bawang merah jenis tajuk itu sekitar Rp50 ribu per kilogram, saat ini sudah tembus Rp80 ribu per kilogram," ungkapnya, Selasa (9/5/2023).

2. Harga bibit dari Jawa Timur‎ mahal

Harga Bibit Bawang Merah Meroket, Naik Rp30 Ribu per KilogramBibit bawang merah jenis Tajuk yang harganya melonjak tajam jelang MT 2 di Bantul.(IDN Times/Daruwaskita)

‎Harga yang mahal, menurut Abdul Mukid disebabkan bibit yang diambil dari Jawa Timur lebih tinggi dibandingkan biasanya. "Jadi harga dari gudang di Jawa Timur juga sudah tinggi sehingga ketika sampai ke petani juga lebih tinggi," ungkapnya.

Baca Juga: Hasil Panen Bawang Merah di Lahan Pasir Bantul Capai 6 Ton

3. Petani berharap memperoleh hasil panen bagus

Harga Bibit Bawang Merah Meroket, Naik Rp30 Ribu per KilogramIlustrasi petani bawang merah panen raya. (IDN Times/Daruwaskita)

Sementara Ketua Paguyuban Petani Bawang Merah Lahan Pasir, Pantai Samas, Subandi mengatakan saat ini petani sedang menyiapkan lahan untuk musim tanam bulan Agustus. Meski harga bibit mahal, para petani berharap akan mendapatkan hasil yang bagus.  Setiap satu ton bibit bawang merah diperkirakan mampu menghasilkan 10 ton.

"Sebenarnya kalau saat panen per kilogram dihargai Rp25 ribu petani sudah untung apalagi tanam bawang merah di lahan pasir tidak perlu membuat bedengan seperti tanam bawang merah di lahan persawahan," ungkapnya.‎

Baca Juga: Belum Ada Parpol yang Mendaftar Bacalegnya ke KPU Bantul

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya