Gerindra dan PKB Berkoalisi, Bambang Pacul: PDIP Merasa Biasa Saja

Koalisi Gerindra dan PKB untuk memastikan bisa ikut pilpres‎

Bantul, IDN Times - ‎Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Pemenangan Pemilu, Bambang Wuryanto menegaskan koalisi yang dibanguan antara Partai Gerindra dan PKB dinilai hanya untuk memastikan kedua partai bisa berpartisipasi dalam ajang pemilihan calon presiden pada 2024. Sebab keduanya belum mengantongi syarat 20 persen kursi yang ada di parlemen sehingga melakukan koalisi.

"Setiap partai tentu menyiapkan diri untuk 2024. Kemarin Pak Prabowo sedang menyiapkan diri dalam rangka menjadi calon presiden, karena kursi belum 20 persen, demikian pula PKB belum 20 persen. Ketika mereka bersatu sudah lebih dari 20 persen (bisa mencalonkan diri sebagai capres atau cawapres)," ujarnya di sela-sela acara Pengarahan Dan Pemantapan Sistem Pemenangan Pemilu Secara Terpimpin Berbasis Gotong Royong di Bantul, Yogyakarta, Minggu (14/8/2022).

1. Koalisi Gerindra dan PKB untuk memastikan bisa ikut pilpres‎

Gerindra dan PKB Berkoalisi, Bambang Pacul: PDIP Merasa Biasa SajaKetua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar usai melakukan pertemuan di Kertanegara, Jakarta, Sabtu (18/6/2022). (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Menurutnya apa yang dilakukan oleh Gerindra dan PKB adalah hal yang biasa saja. Demikian pula jika ada tambahan partai untuk berkolias.

"Ini kan perjalanan waktu, nah kalau sudah kayak gini kan, aku ikut pilpres, ya gitulah," tandasnya.

2. Megawati yang akan menentukan koalisi

Gerindra dan PKB Berkoalisi, Bambang Pacul: PDIP Merasa Biasa SajaKetua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Pria yang disapa akrab Bambang Pacul menegaskan untuk PDI Perjuangan sudah disampaikan oleh ketua umum sesuai keputusan kongres dan diperkuat dalam rakernas, bahwa koalisi Megawaii yang akan memutuskan. 

"Ya kita tunggu saja itu," tutur Bambang Pacul yang juga Ketua Komisi III DPR RI ini.

Baca Juga: Kader PDIP Bantul Deklarasi Dukung Ganjar Pranowo Capres 2024

3. PDI Perjuangan gelar emotional bounding menuju 2024 agar kerja lebih ringan‎

Gerindra dan PKB Berkoalisi, Bambang Pacul: PDIP Merasa Biasa SajaPengarahan Dan Pemantapan Sistem Pemenangan Pemilu Secara Terpimpin Berbasis Gotong Royong di Bantul, Yogyakarta, Minggu (14/8/2022).(IDN Times/Daruwaskita)

Sementara terkait agenda Pengaran Dan Pemantapan Sistem Pemenangan Pemilu Secara Terpimpin, Bambang Pacul menyatakan dalam proses menuju 2024 setiap partai pasti menyiapkan diri. Sementara PDI yang pertama adalah menyiapkan satu hati di antara para anggota sehingga tercipta emotional gathering, yang berarti ngempel, sak iyek sak eko maka dalam bekerjanya ringan.

"Proses ini harus dibangun dari waktu ke waktu yang selama ini masih disibukkan dengan kegiatan dewan seperti kunjungan kerja, kepartaian sedikit akan dilupakan ditarik kembali. Cara Jawanya emotional bounding sebelum 2024 bagaimana caranya harus sak iyek sak eko karti," terangnya.‎

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya