Gereja HKTY Ganjuran Bantul Gelar Misa Paskah Anak-Anak

Peserta Misa mencari telur Paskah‎

Bantul, IDN Times - Gereja Paroki Hati Kudus Tuhan Yesus (HKTY) Ganjuran, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta menggelar perayaan Paskah Anak-Anak, Minggu (21/4) pagi. Ratusan anak-anak mengikuti Misa Paskah yang berlangsung di kompleks gereja tersebut.

Baca Juga: Cantiknya Telur Paskah dari Seluruh Dunia

1. Semua petugas misa diemban oleh anak-anak.

Gereja HKTY Ganjuran Bantul Gelar Misa Paskah Anak-AnakIDN Times/Daruwaskita

Selain diikuti anak-anak, kemeriahan Misa Paskah anak-anak dapat dilihat dari petugas semuanya anak-anak hingga lektor yang membacakan kitab juga dilakukan oleh anak-anak. Misa Paskah untuk anak-anak semakin meriah ketika Romo Eko Pr yang memimpin Misa Paskah memberikan hadiah berupa 5 gantungan kunci yang mengeluarkan cahaya kerlap-kerlip.

2. Imam memercikan air suci kepada umat‎

Gereja HKTY Ganjuran Bantul Gelar Misa Paskah Anak-AnakIDN Times/Daruwaskita

Misa Paskah Anak-Anak ini diawali dengan doa pembukaan. Misa kemudian dilanjutkan dengan memerciki umat dengan air suci yang telah diberkati imam. Percikan air suci itu sebagai tanda umat telah berjanji untuk percaya kepada Tuhan Yesus Kristus setelah mengucapkan janji baptis yang telah dilakukan saat Misa Malam Paskah yang berlangsung pada Sabtu (20/4) malam.

Baca Juga: Ini Lho Makanan Wajib Saat Paskah dari Berbagai Negara

3. Cahaya terang itu telah hadir yaitu Yesus Kristus sendiri yang telah bangkit‎

Gereja HKTY Ganjuran Bantul Gelar Misa Paskah Anak-AnakIDN Times/Daruwaskita

Dalam homili singkatnya, Romo Eko Pr menjelaskan alasan dirinya memberikan hadiah gantungan kunci kepada anak-anak. Menurut Romo Eko pemberian tersebut tak lepas dengan adanya cahaya terang yaitu Tuhan Yesus yang telah bangkit untuk menebus dosa manusia.

"Gantungan kunci dengan lampu mengibaratkan adanya cahaya yang ditunjukkan dengan kebangkitan Tuhan Yesus yang ingin memberi cahaya terang bagi umat manusia dan kita diingatkan cahaya terang itu yang tak lain adalah Tuhan Yesus," kata Romo Eko.

4. Imam mengajak anak-anak bernyanyi bersama di depan altar‎

Gereja HKTY Ganjuran Bantul Gelar Misa Paskah Anak-AnakIDN Times/Daruwaskita

Sebelum menutup Misa Paskah Anak-Anak, Romo Eko Pr mengajak seluruh anak-anak untuk berdiri di depan altar dan bernyanyi bersama sebelum memberikan berkah penutup Misa Paskah Anak-Anak

5. Ada pesta mencari telur Paskah‎

Gereja HKTY Ganjuran Bantul Gelar Misa Paskah Anak-Anakunsplash/@marigard

Seusia misa, anak-anak diajak untuk merayakan kemeriahan Paskah dengan mencari telur Paskah yang sengaja disembunyikan di tempat tertentu oleh panitia perayaan Paskah. Anak-anak diberi kesempatan untuk mencari dan menemukan telur Paskah itu. Bagi anak-anak yang menemukan bisa membawa pulang telur tersebut.‎

Baca Juga: 5 Tempat Menarik untuk Dikunjungi Saat Paskah

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya