Gelombang Tinggi, Nelayan di Gunungkidul Gotong Royong Evakuasi Perahu

Jadi pukulan ekonomi bagi nelayan usai Lebaran

Gunungkidul, IDN Times - Gelombang pasang dengan ketinggian mencapai 4 meter diprediksi menghantam kawasan pantai selatan Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta selama beberapa hari ke depan.

Hal ini memaksa para nelayan di Pantai Baron bergotong royong menyelamatkan perahu mereka dengan memindahkan perahu ke tempat yang aman dari terjangan gelombang.

Baca Juga: Wisata Gunungkidul Ditutup, Ratusan Wisatawan Nekat Kunjungi Pantai

1. Nelayan evakuasi perahu ke tempat lebih aman dari bibir pantai‎

Gelombang Tinggi, Nelayan di Gunungkidul Gotong Royong Evakuasi PerahuNelayan Pantai Baron Gunungkidul evakuasi kapal ke tempat yang lebih aman dari terjangan gelombang pasang. IDN Times/Istimewa

Ketua Kelompok Nelayan Pantai Baron, Sumardi mengatakan adanya informasi gelombang pasang yang akan menerjang hampir semua pantai di selatan Kabupaten Gunungkidul, para nelayan mengevakuasi perahu dari kawasan pantai ke tempat yang lebih tinggi agar aman dari terjangan gelombang pasang.

"Sudah ada 40-an perahu yang dievakuasi ke tanggul (tempat yang lebih tinggi dari pantai), namun masih ada beberapa perahu yang masih berada di lokasi aliran sungai di sisi barat Pantai Baron yang bermuara di di Pantai Baron," katanya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (26/5).

2. Gelombang pasang semakin memukul kondisi ekonomi para nelayan ‎

Gelombang Tinggi, Nelayan di Gunungkidul Gotong Royong Evakuasi PerahuIlustrasi nelayan sedang membersihkan jaring dari sampah dan ikan. IDN Times/Daruwaskita

Kondisi gelombang pasang ini, diakui Sumardi, sangat memukul nelayan. Mereka sama sekali tidak ada pemasukan karena tidak bisa melaut. Di sisi lain, wisatawan juga nihil karena pantai ditutup hingga batas waktu yang tak ditentukan ditentukan, sehingga tidak ada wisatawan yang menyewa perahu untuk berkeliling di sekitar pantai.

"Sebelum gelombang pasang ini terjadi nelayan masih bisa melaut dan hasil masih lumayan," ucapnya.

3. Gelombang pasang dengan ketinggian 4 meter diperkirakan sampai tanggal 29 Mei 2020

Gelombang Tinggi, Nelayan di Gunungkidul Gotong Royong Evakuasi PerahuUnspalsh/Levi Morsy

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II Kabupaten Gunungkidul, Marjono mengatakan pihaknya sudah memberitahu kepada nelayan terkait potensi gelombang pasang beberapa hari ke depan. Hal ini juga mengacu laporan dari BMKG yang menyatakan gelombang pasang akan berlangsung mulai tanggal 27-29 Mei mendatang.

"Gelombang pasang diperkirakan bisa mencapai 4 meter dan sangat berbahaya bagi nelayan yang akan melaut," ucapnya.

Baca Juga: Warga Gunungkidul Kaget Balon Udara Berukuran Besar Beterbangan  

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya