Gelombang Pasang Hantam Pantai Gunungkidul, Sejumlah Bangunan Rusak

Nelayan evakuasi perahu dari pantai ke tempat yang aman

Gunungkidul, IDN Times - ‎Gelombang pasang yang menerjang kawasan pantai selatan Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta sejak Selasa (26/5) kemarin. Gelombang tinggi ini menimbulkan kerusakan pada sejumlah bangunan yang tak jauh dari bibir pantai.

Baca Juga: Gelombang Tinggi, Nelayan di Gunungkidul Gotong Royong Evakuasi Perahu

1. Bangunan gazebo, kamar mandi rusak akibat terjangan gelombang pasang‎

Sekretaris Sar Satlinmas Wilayah II Kabupaten Gunungkidul, Surisdiyanto mengatakan selama dua hari terakhir ini gelombang pasang menerjang hampir seluruh pantai selatan Kabupaten Gunungkidul.

Pada hari Selasa (26/5) kemarin gelombang pasang setidaknya telah menyebabkan kerusakan pada 5 gazebo dan 1 warung makan di Pantai Sundak. Di Pantai Somandeng gelombang pasang merusak 6 gazebo, 2 kamar mandi sedangkan di Pantai Sepanjang gelombang pasang menyebabkan 1 gazebo rusak.

Sementara pada Rabu (27/5), gelombang pasang yang mulai berlangsung pada pukul 10.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB telah menyebabkan kerusakan 3 gazebo hingga terbawa gelombang, 1 bangunan kamar mandi di Pantai Watu Lawang. Di Pantau Indrayanti gelombang pasang juga menyebabkan 3 gazebo rusak, 2 kamar mandi rusak.

Di Pantai Somandeng 10 gazebo rusak ringan, 40 gazebo rusak berat dan 2 warung rusak ringan dan 9 kamar mandi juga rusak ringan serta talut sepanjang 10 meter ambrol. Di Pantai Ngandong, 8 gazebo rusak berat, 3 lapak snorkeling rusak ringan, 1 warung rusak ringan.

"Jalur dari Pantai Somandeng menuju Pantai Indrayanti juga terhambat dari gelombang pasang sampai ke jalan dengan membawa material sampai ke jalan raya," katanya, Rabu (27/5).

2. Gelombang pasang masih akan berlangsung hingga hari Jumat (29/5)‎

Gelombang Pasang Hantam Pantai Gunungkidul, Sejumlah Bangunan RusakUnspalsh/Breno Machado

Sementara Koordinator Sar Satlinmas Wilayah II Kabupaten Gunungkidul, Marjono mengatakan prediksi gelombang pasang ini masih akan terjadi untuk beberapa hari ke depan.

"Informasi dari BMKG gelombang pasang yang bisa mencapai 4 meter akan terjadi hingga hari Jumat (29/5) lusa," ucapnya.

3. Nelayan sudah melakukan evakuasi kapal dari pinggir pantai ke rempat yang aman

Gelombang Pasang Hantam Pantai Gunungkidul, Sejumlah Bangunan RusakNelayan Pantai Baron Gunungkidul evakuasi kapal ke tempat yang lebih aman dari terjangan gelombang pasang. IDN Times/Istimewa

Para nelayan yang mengetahui adanya informasi gelombang pasang sudah mengevakuasi perahu dari pantai menuju tempat yang aman dari terjangan gelombang pasang.

"Untuk wisatawan saat ini sangat sepi karena objek wisata masih ditutup sampai batas waktu yang belum ditentukan," ucapnya.‎

Baca Juga: TPR Pantai Parangtritis Dibuka, Pemdes Khawatirkan Penyebaran Corona

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya