Gegara Makan Sampah, Seekor Penyu di Pantai Congot Mati 

Sebelumnya juga pernah ditemukan hal serupa

Kulon Progo, IDN Times - Seekor penyu dengan panjang 80 meter dan bobot mencapai 40 kilogram ditemukan mati di Pantai Congot, Kulon Progo pada Selasa (26/1/2021). Diperkirakan penyebab kematian penyu ini karena memakan sampah. 

1. Penyu mati sudah mengeluarkan bau yang menyengat

Gegara Makan Sampah, Seekor Penyu di Pantai Congot Mati Seekor penyu ditemukan mati di Pantai Congot Kulon Progo. IDN Times/Istimewa

Pada saat ditemukan pertama kali oleh anggota Sar Satlinmas Wilayah V Kulon Progo, yang bernama Dasimi pada pukul 05.30 WIB. Saat itu penyu sudah mengeluarkan bau busuk  Oleh Dasimi, temuan ini langsung dilaporkan ke Pos Sar Induk Pantai Congot.


"Ditemukan saat saya patroli pantai, Baunya sudah sangat menyengat penyu langsung kita kubur," kata Dasimin.

 

Baca Juga: Lagi, Seekor Penyu Ditemukan Mati di Pantai Sepanjang Gunungkidul

2. Kuburan penyu sempat dibongkar

Gegara Makan Sampah, Seekor Penyu di Pantai Congot Mati Seekor penyu ditemukan mati di Pantai Somandeng, Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Minggu (15/12). IDN Times/Istimewa

Sementara anggota Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Yogyakarta, Widodo mengatakan pihaknya langsung datang untuk mengidentifikasi penyu yang ditemukan mati terdampar di Pantai Congot. Namun saat tiba di lokasi ternyata sudah dikubur.

"Untuk proses identifikasi penyu akhir dibongkar kembali," ujarnya.

Hasil dari identifikasi, penyebab kematian diduga adanya iritasi pada pencernaan penyu yang dimungkinkan memakan makanan sampah.

"Mungkin karena faktor makanan. Apalagi saat banjir banyak sampah terbuang ke laut," terangnya.

3. Sebelumnya ditemukan hiu mati terdampar di muara Sungai Bogowonto

Gegara Makan Sampah, Seekor Penyu di Pantai Congot Mati unsplash.com

Kasus penemuan penyu yang telah mati membusuk bukan pertama kalinya di Kulon Progo. Sebelumnya juga ditemukan penyu mati di tempat yang sama, bahkan warga pernah menemukan ikan hiu mati di muara Sungai Bogowonto.

Baca Juga: 10 Destinasi Terbaik untuk Menyaksikan Pelepasan Bayi Penyu

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya