FlipFlop TV Siap Gandeng Para Sineas Garap Film Angkat Budaya Lokal 

Jumlah cerita daerah yang diangkat di layar film terbatas 

Yogyakarta, IDN Times - ‎Jogja menjadi gudangnya sineas muda yang ingin menghasilkan sebuah produk film yang tak kalah dengan sineas senior yang telah menghasilkan karya film yang booming di tanah air. FlipFlop TV yang baru lahir pada bulan Maret 2020 ini menawarkan kesempatan bagi sineas di Jogja untuk membuat film dengan mengangkat konten lokal ke tingkat nasional.

"FlipFlop TV hadir untuk mengangkat konten-konten film lokal yang mengangkat budaya lokal. Kita ingin mengangkat senias lokal atau daerah ke tingkat nasional bahkan internasional," ujar Presiden Direktur dan Founder FlipFlop TV, Ricardo Tobing kepada wartawan di Yogyakarta, Senin (19/12/2022).

 

1. Siap kerja sama dengan sineas lokal untuk membuat konten film

FlipFlop TV Siap Gandeng Para Sineas Garap Film Angkat Budaya Lokal Presiden Direktur dan Founder FlipFlop TV, Ricardo Tobing.(IDN Times/Daruwaskita)

Kerja sama antara FlipFlop TV dengan sineas daerah sangat terbuka. Ricardo Tobing mengatakan tidak ada kriteria khusus yang harus dipenuhi oleh para sineas. Kerja sama tidak hanya sebatas ide film namun juga pada proyek pembuatan film.

"Kadang sineas di daerah untuk membuat sebuah film masih terkendala ide dan pembiayaan pembuatan film yang butuh biaya banyak. Kami siap untuk kerja sama," ucapnya.

2. Jumlah cerita dan budaya daerah yang diangkat di layar film masih terbatas

FlipFlop TV Siap Gandeng Para Sineas Garap Film Angkat Budaya Lokal Cuplikan film Timeline (dok. Sahamongkol Film International)

Menurutnya selama ini dunia perfilman di Indonesia lebih mengacu kepada Jakarta, meski sudah banyak cerita dan budaya menarik di daerah, namun jumlahnya masih terbatas.

"Film yang bernuansa kedaerahan semakin mendapat hati di masyarakat, kemudian ditonton banyak orang menunjukan bahwa senias daerah berhasil mengangkat kelokalan Indonesia," ucapnya.

Beberapa film garapan sineas di daerah diharapkan dapat menceritakan tentang super hero lokal yang dibungkus dengan cara yang apik dan sangat relevan dengan masyarakat mendapatkan respon yang baik dan ditonton banyak orang.

Baca Juga: 10 Fakta Menarik Zulfa Maharani, Pemeran Zahra di Film Qorin

Baca Juga: 4 Fakta Behind The Scene Pembuatan Serial Wednesday Addams 

3. FlipFlop TV hadir untuk memfasilitasi karya‎ para sineas muda

FlipFlop TV Siap Gandeng Para Sineas Garap Film Angkat Budaya Lokal Presiden Direktur dan Founder FlipFlop TV, Ricardo Tobing.(IDN Times/Daruwaskita)

Dalam pembuatan sebuah film akan melibatkan banyak pihak, mulai dari produser, sutradara, penulis skenario, penata kamera, penata artistis, editor pengisi, penata suara hingga artis yang akan bermain dalam film yang akan diproduksi. Keberadaan sineas baru dinilai masih minim akses baik ke birokrasi, pengetahuan dalam pembuatan film hingga penempatan hasil karya mereka.

"Nah FlipFlop TV sebagai rumah cerita Indonesia yakin dengan memberikan akses dan mendorong sineas daerah, maka tidak hanya memberdayakan masyarakat namun juga memberikan tayangan lokal yang bisa memenuhi permintaan pasar," tandasnya.

Baca Juga: Kenapa Kita Tertarik Film Horor? Ini Fakta Ilmiah di Baliknya!

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya