Fajar Gegana Terpilih Jadi Wakil Bupati Kulon Progo

Tugas bupati lebih ringan dengan terisinya jabatan wabup

Kulon Progo, IDN Times - ‎Fajar Gegana terpilih menjadi Waki Bupati Kulon Progo dengan sisa masa jabatan 2020-2022. Pemilihan Wakil Bupati Kulon Progo dilaksanakan dalam rapat paripurna DPRD Kulon Progo pada Kamis (9/4).

Pemilihan digelar karena jabatan Wabup Kulon Progo kosong setelah Sutedjo diangkat menjadi Bupati menggantikan Hasto Wardoyo yang ditunjuk menjadi  Kepala BKKBN. 

1. Fajar Gegana unggul suara mutlak dari Agus Langgeng‎

Fajar Gegana Terpilih Jadi Wakil Bupati Kulon ProgoSuasana pemilihan Wabub Kulon Progo di gedung DPRD Kulon Progo. IDN Times/Istimewa

Fajar Gegana yang mendapatkan nomor urut 1 itu mengungguli calon Wakil Bupati Kulon Progo nomor urut 2 Agus Lenggeng Basuki. Dalam penghitungan suara yang berlangsung di Gedung DPRD Kulon Progo, Fajar mengantongi 28 suara sedangkan Agus mengantongi hanya 12 suara.

"Hasil perhitungan suara dilakukan, Fajar Gegana mendapatkan 28 suara dan Langgeng Basuki mendapatkan 12 suara," kata Priyo Santoso yang menjadi petugas pemilihan yang mengumumkan hasil perhitungan suara, Kamis (9/4).

Hasil pemilihan selanjutnya diserahkan kepada pimpinan DPRD.  Kemudian DPRD akan menggelar rapat paripurna untuk penetapan calon Wakil Bupati Kulon Progo terpilih. Dua calon wakil bupati merupakan usulan dari partai pengusung yakni PDIP, PAN, PKS, Partai Golkar, Nasdem dan Hanura.

Baca Juga: Bayi Berumur 4 Bulan di Kulon Progo Sembuh dari COVID-19  

2. Semua anggota DPRD Kulon Progo hadir dalam pemilihan wakil bupati‎

Fajar Gegana Terpilih Jadi Wakil Bupati Kulon ProgoSuasana pemilihan Wakil Bupati Kulon Progo di gedung DPRD Kulon Progo. IDN Times/Istimewa

Ketua Pansus pengisian jabatan Wakil Bupati, Istana mengaku lega karena telah menyelesaikan pemilihan ini dan semua tahapan telah dilalui dan membuahkan hasil.

"Terima kasih semua kepada teman-teman DPRD Kulonprogo dan semua pihak terkait yang sangat luar biasa," katanya.

3. Wabup diharapkan membantu bupati dalam menjalan program pemerintah‎

Fajar Gegana Terpilih Jadi Wakil Bupati Kulon ProgoBupati Kulon Progo, Sutedjo (kiri) setelah pelantikan di Kompleks Kepatihan. IDN Times/febriana sinta

Menurutnya pada pemilihan wakil bupati ini semua anggota DPRD hadir dan tidak ada yang absen dan kini tidak ada lagi kekosongan jabatan wakil bupati.

"Ada tambahan energi baru sehingga tugas bupati akan lebih ringan dalam melanjutkan program pemerintah," katanya.‎

Baca Juga: Mantan Ketua DPRD DIY, Yoeke Ramaikan Bursa Cawabup Kulon Progo

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya