DPUPKP Perbaiki Sejumlah Ruas Jalan yang Berlubang di Bantul

Untuk antisipasi arus mudik Lebaran

Bantul, IDN Times - ‎Sejumlah ruas jalan utama di Kabupaten Bantul dilakukan perbaikan dengan menambal jalan yang berlubang. Perbaikan jalan ini dilakukan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas dan mengantisipasi arus mudik Lebaran 2022 mendatang.

Baca Juga: Aturan Ganjil Genap Obwis Pantai di Bantul Dilonggarkan

1. Sejumlah ruas jalan yang berlubang mulai dilakukan penambalan aspal‎

DPUPKP Perbaiki Sejumlah Ruas Jalan yang Berlubang di Bantul‎Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kabupaten Bantul, Bobot Ariffi'aidin.(IDN Times/Daruwaskita)

‎Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kabupaten Bantul, Bobot Ariffi' Aidin, mengatakan pihak melakukan sejumlah perbaikan jalan-jalan yang berlubang. Namun demikian Bobot tidak hafal beberapa titik jalan yang berlubang ditambal dengan aspal.

"Ya tidak hafal berapa titik yang dilakukan perbaikan. Jadi musim hujan ini mempercepat kerusakan jalan. Kita lakukan perbaikan agar jalan yang berlubang tidak bertambah parah," katanya, Minggu (20/3/2022).

2. Jalan yang rusak yang ditambal dimungkinkan akan dilakukan perbaikan secara permanen‎

DPUPKP Perbaiki Sejumlah Ruas Jalan yang Berlubang di BantulIlustrasi pengaspalan jalan. ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Menurut Bobot, sejumlah jalan yang saat ini masih berlubang dan belum ditambal sangat dimungkinkan untuk dilakukan perbaikan secara permanen. 

"Beberapa ruas jalan yang rusak belum dilakukan perbaikan karena masuk dalam program perbaikan permanen tahun 2022 ini dan sedang dalam proses persiapan," tuturnya.

Menurutnya untuk perbaikan permanen akan dilakukan dengan pengaspalan sistem overlay.

"Beberapa ruas jalan yang rusak parah masuk program. Tidak ditambal namun di-overlay," ucapnya.

Lebih jauh Bobot mengatakan penambalan dan perbaikan yang dilakukan dapat memperlancar akses mobilitas warga khususnya dalam sektor perekonomian. 

"Masyarakat pengguna jalan akan lebih nyaman yang berdampak lain misalnya kecelakaan bisa ditekan dan perekonomian juga lancar," katanya.

3. Perbaikan jalan memperlancar akses arus mudik dan menekan angka kecelakaan‎

DPUPKP Perbaiki Sejumlah Ruas Jalan yang Berlubang di BantulKepala Dinas Perhubungan Pemkab Bantul, Aris Suhariyanta.(IDN Times/Daruwaskita)

Sementara Kepala Dinas Perhubungan, Bantul, Aris Suharyanta, mengatakan perbaikan jalan yang berlubang dilakukan untuk menekan angka kecelakaan. Apalagi, dalam waktu dekat arus mudik akan segera berlangsung.

"Penambalan jalan penting untuk meningkatkan keselamatan pengunjung jalan," katanya.

Aris berharap perbaikan jalan dapat dilakukan sebanyak mungkin untuk meningkatkan keselamatan serta mobilitas warga.

"Besok kalau pemerintah tidak melarang mudik dipastikan banyak pemudik akan pulang kampung ke Bantul," ucapnya.‎

Baca Juga: Syarat Antigen Dihapus, Penumpang Bus AKAP di Bantul Tetap Sepi

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya