DPRD Bantul Ingin Pantai Depok Dikembangkan Seperti Jimbaran Bali

Jadi kawasan kuliner seafood tepi pantai

Bantul, IDN Times -‎ DPRD Bantul mendorong kawasan Pantai Depok di Kabupaten Bantul dikembangkan sebagai zona kuliner seafood dan wisata berstandar internasional. Hal ini mengingat Pantai Depok memang dikenal sebagai salah satu destinasi wisata kuliner seafood.

Baca Juga: Buntut Pembangunan YIA, Jalan Pantai Congot-Pantai Glagah Rusak Parah‎

1. Pantai Depok dikembangkan sebagai zona kuliner seafood dan wisata berstandar internasional‎

DPRD Bantul Ingin Pantai Depok Dikembangkan Seperti Jimbaran BaliKuliner seafood di Pantai Depok. IDN Times/Daruwaskita

Ketua Komisi B DPRD Bantul, Wildan Nafis mengatakan Komisi B telah melakukan pemantauan di Pantai Depok. Pihaknya menilai pantai tersebut memiliki modal awal untuk dikembangkan sebagai zona wisata kuliner seafood dan wisata berstandar internasional. Terlebih, masyarakat di Pantai Depok telah memiliki organisasi koperasi dengan omzet mencapai miliaran rupiah.

"Kami Komisi B sepakat agar Pantai Depok tetap fokus pada kuliner seafood-nya dan wisata alam. Kita akan dorong pengembangannya menjadi wisata berstandar internasional," katanya, Minggu (26/1).

2. Komisi B ingin pengembangan Pantai Depok seperti Pantai Jimbaran Bali‎

DPRD Bantul Ingin Pantai Depok Dikembangkan Seperti Jimbaran BaliIlustrasi Pantai Jimbaran Bali. instagram.com/balipedia

Politisi PAN ini menjelaskan Komisi B akan mendorong Pemkab Bantul agar Pantai Depok bisa dikembangkan dan prosesnya dilakukan secara bertahap. Setidaknya dalam 3 tahun ke depan proses pengembangan sudah dilakukan oleh Pemkab Bantul dan sudah mencapai berapa persen.

"Kita pengin Pantai Depok dikonsep seperti Pantai Jimbaran di Bali dan nantinya Pantai Depok menjadi Jimbarannya DIY," ujarnya.

Namun, pengembangan Pantai Depok diakui terkendala lahan karena sebagian lahan masih dikelola oleh PT Awani. Dengan Hak Guna Bangunan mencapai 206 hektare, sedangkan Hak Pengelolaan mencapai 203 hektare, sehingga tersisa 3 hektare yang dikelola oleh Pemkab Bantul.

"Harus di-clearkan dulu tentang masalah tanah yang dikuasai oleh PT Awani. Nah ketika sudah clear maka potensi bisa dimaksimalkan demi peningkatan PAD Kabupaten Bantul,"tuturnya.

3. Pengembangan Pantai Depok tidak lepas dari keberadaan Bandara YIA‎

DPRD Bantul Ingin Pantai Depok Dikembangkan Seperti Jimbaran BaliWakil Ketua Komisi B DPRD Bantul, AryunadiIDN Times/Daruwaskita

Wakil Ketua Komisi B, Aryunadi mengatakan pengembangan Pantai Depok sebagai zona destinasi kuliner dan wisata berstandar internasional tak lepas adanya Yogyakarta International Airport (YIA) dan rencana pembangunan jembatan Kretek II sehingga akses ke Jaringan Jalan Lintas Selatan (JJLS) sangat mudah.

"Wisatawan bisa langsung dari Bandara YIA ke Pantai Depok melalui JJLS dan ini menjadi potensi ekonomi yang luar biasa," ujar politisi PDIP ini.‎

Baca Juga: Sesosok Bayi Lengkap dengan Ari-ari Gegerkan Wisatawan Pantai Ngandong

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya