Dispar Bantul Targetkan 500 Ribu Wisatawan saat Libur Akhir Tahun

Objek wisata baru yang menarik disiapkan

Bantul, IDN Times -Dinas Pariwisata Pemkab Bantul menargetkan 500 ribu wisatawan berkunjung ke sejumlah objek wisata di wilayah itu. Untuk mencapai target itu, sejumlah objek wisata baru sudah disiapkan.

Selama ini, objek wisata Pantai Parangtritis di Kabupaten Bantul menjadi magnet bagi pengunjung untuk merayakan pergantian tahun. Akibatnya sering terjadi kemacetan jalan menuju objek wisata di Pantai Selatan Bantul tersebut.

Baca Juga: Di Penghujung Tahun, YouTube Keluarkan 10 MV yang Paling Disukai

2. Akan ada atraksi di sejumlah pantai di Kabupaten Bantul saat malam tahun baru‎

Dispar Bantul Targetkan 500 Ribu Wisatawan saat Libur Akhir TahunObyek wisata Pantai Baru. IDN Times/Daruwaskita

Kepala Dinas Pariwisata Pemkab Bantul, Kwintarto Heru Prabowo mengatakan sudah menyiapkan sejumlah strategi agar malam pergantian tahun wisatawan tidak hanya terpusat di Pantai Parangtritis. Diharapkan wisatawan menyebar di berbagai objek wisata yang ada di Bantul.

"Kita akan menggelar berbagai atraksi di luar Pantai Parangtritis misalnya di Pantai Gua Cemara, Pantai Baru, Gumuk Pasir hingga Laguna Pantai Depok," katanya, Sabtu (7/12).

"Keramaian Pantai Parangtritis coba geser ke pantai lain agar wisatawan semakin nyaman menikmati malam pergantian tahun," ujarnya.

3. Objek wisata baru diperkirakan akan menyedot animo wisatawan untuk datang

Dispar Bantul Targetkan 500 Ribu Wisatawan saat Libur Akhir TahunKebun Buah Mangunan. instagram.com/wahyuanisa98

Menurutnya untuk menyambut libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), Dinas Pariwisata Bantul ngebut pembenahan objek wisata lain seperti Kebun Buah Mangunan, Hutan Pinus Imogiri dan mengoptimalkan desa wisata serta tempat wisata baru.

"Kita lakukan pembenahan sehingga semakin menarik dikunjungi dan bisa memeratakan kunjungan wisatawan," katanya.

1. Libur Nataru ditargetkan kunjungan wisatawan capai 500 ribu orang‎

Dispar Bantul Targetkan 500 Ribu Wisatawan saat Libur Akhir TahunIlustrasi pengunjung di Pantai Parangkusumo. IDN Times/Daruwaskita

Sejumlah objek wisata baru diperkirakan menyedot animo wisatawan untuk berkunjung seperti Pintu Langit, Gunung Wangi, Kebon Sosok dan Kebon Pring yang menawarkan wahana baru.

"Selama libur Nataru kita targetkan ada 500 ribu wisatawan dan target Pendapatan Asli Daerah mencapai Rp 200 juta," ungkapnya.

Terkait dengan sampah-sampah yang menggunung seusai perayaan malam tahun baru, Kwintarto mengatakan sudah berkoordinasi dengan instansi lain untuk segera melakukan pembersihan pantai seusai perayaan malam tahun baru.

"Semoga pagi harinya kondisi sampah bisa dibersihkan karena dipastikan jumlah petugas kebersihan juga akan bekerja cepat membersihkan sampah," ungkapnya.‎

Baca Juga: 14 Tahun Proyek JJLS Rampung 70 Persen, Telan Dana Rp1.122 Triliun 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya