Comscore Tracker

Dinkes Bantul Jamin Stok Vaksin COVID-19 Aman hingga Akhir Agustus

Di Bantul vaksinasi pertama mencapai 25,99 persen 

Bantul, IDN Times - ‎Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul menjamin stok vaksinasi COVID-19 untuk suntikan pertama dan kedua aman hingga akhir bulan Agustus 2021. Bahkan untuk mempercepat proses vaksinasi, pemkab menambah satu tempat vaksinasi sentra bertempat di halaman Dinas Kesehatan Bantul.

Baca Juga: Gerakan Sukarelawan Tolong Isoman, Jual Keris hingga Relakan Tabungan

1. Stok vaksin COVID-19 saat ini mencapai 6.510 dosis‎

Dinkes Bantul Jamin Stok Vaksin COVID-19 Aman hingga Akhir AgustusKepala Seski Surveilans dan Imunisasi, Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit, Dinas Kesehatan Bantul, dr. Abednego Dani Nugroho.(Daruwaskita/Daruwaskita)

Kepala Seski Surveilans dan Imunisasi, Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit, Dinas Kesehatan Bantul, dr. Abednego Dani Nugroho mengatakan stok vaksin mencapai ‎6.510 dosis. Jumlah yang terdistribusi di Dinas Pariwisata DIY 1.620 dosis, sebanyak 1.900 dosis pertama, dan 3.090 dosis kedua yang akan disuntikkan akhir Agustus

"Stok vaksin diperkirakan aman hingga akhir bulan Agustus 2021, baik untuk target sasaran vaksin dosis pertama dan ke dua. Bahkan ada dosis vaksin ke dua bisa digunakan untuk vaksinasi dosis pertama sembari menunggu kiriman vaksin dari pusat," katanya saat ditemui di Kantor Dinas Kesehatan Bantul, Senin (2/8/2021).

2. Vaksinator terpapar COVID-19 sering jadi kendala dalam pelayanan

Dinkes Bantul Jamin Stok Vaksin COVID-19 Aman hingga Akhir AgustusTenaga vaksinator COVID-19. (Dok. Kemenkes)

Pria yang akrab disapa dr. Abed ini mengatakan antusiasme masyarakat Bantul untuk mendaftar sebagai peserta vaksin cukup tinggi. Diakuinya di sejumlah tempat pelayanan kesehatan yang memberikan vaksinasi terkendala adanya nakes yang terpapar COVID-19.  Sehingga menyebabkan pelayanan tidak maksimal.

"Ada beberapa faskes yang terganggu akibat nakes yang melayani terpapar COVID-19. Akhirnya dalam satu rombongan nakes yang menjalani vaksinasi harus isolasi menunggu hasil swab PCR keluar. Tentu ini akan mengganggu dalam pelayanan vaksinasi karena jumlah nakesnya berkurang," ungkapnya.

3. Di Bantul vaksinasi pertama mencapai 25,99 persen

Dinkes Bantul Jamin Stok Vaksin COVID-19 Aman hingga Akhir AgustusDara harian vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Bantul.(doc.Dinas Kesehatan Bantul)

Setiap harinya Dinas Kesehatan dan tempat pelayanan kesehatan di Bantul mampu memberikan vaksinasi hingga 4.500 sasaran. Jika ada tambahan sentra vaksinasi diharapkan akan bertambah 300 sasaran. 

"Harapan saya dengan tambahan satu sentra vaksin di Dinas Kesehatan Bantul maka semakin cepat dan banyak warga Bantul yang tervaksinasi. Sampai hari ini dari 752.225 sasaran yang tervaksinasi dosis pertama, baru mencapai 195.538 atau setara 25.99 persen. Dan vaksinasi kedua sebanyak 85.988 atau setara 11,43 persen," ungkapnya.‎

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya