Dinilai Gagal, Posisi Haryadi Suyuti di DPD Golkar DIY Digoyang

Golkar DIY dinilai terpuruk‎

Bantul, IDN Times- Posisi Haryadi Suyuti sebagai Ketua DPD Golkar Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) digoyang. Persaudaraan Pemuda Golkar (PPG) DIY mendesak agar Haryadi Suyuti diganti dengan mekanisme musdalub atau musyawarah daerah luar biasa secepatnya. Haryadi dinilai gagal dalam memimpin DPD Partai Golkar DI Yogyakarta.

‎1. Kursi Golkar di DPRD DIY berkurang 3 ‎

Dinilai Gagal, Posisi Haryadi Suyuti di DPD Golkar DIY DigoyangIDN Times/Tunggul Kumoro

Ketua Persaudaraan Pemuda Golkar DIY Hasan mengatakan desakan disuarakan PPG karena melihat fakta Golkar DIY di bawah kepemimpinan Wali Kota Yogyakarta itu justru mengalami penurunan. Berdasarkan hasil Pemilu Legislatif 2014, Golkar mendapatkan 8 kursi di DPRD DIY. Namun di Pemilu 2019 berkurang 3 kursi dan hanya mendapatkan 5 kursi.

"Dalam sejarah Partai Golkar DI Yogyakarta baru kali ini suara Golkar DI Yogyakarta turun dan tidak lagi mendapatkan kursi pimpinan DPRD DI Yogyakarta," kata Hasan usai melakukan audiensi dengan pengurus DPP Partai Golkar yang diwakili oleh Happy Bone Zulkarnain dan Ricky Rachmadi di Pendopo GPC di Desa Karangtengah, Kecamatan Imogiri Kabupaten Bantul, Minggu (6/10).

 

Baca Juga: Pasar Malam Perayaan Sekaten Disepakati Bakal Digelar 2 Tahun Sekali

2. Ingin mengganti Haryadi melalui musdalub‎

Dinilai Gagal, Posisi Haryadi Suyuti di DPD Golkar DIY DigoyangIDN Times/Daruwaskita

Hasan mengatakan pada awalnya PPG mendesak Haryadi untuk mundur dari Ketua DPD Golkar DIY dan diganti dengan Plt. Namun setelah menggelar pertemuan dengan pengurus DPD Golkar tingkat kabupaten dan kota justru ada desakan agar Haryadi segera diganti melalui musyawarah daerah luar biasa.

"Segera dilaksanakan musdalub secepatnya untuk menggantikan Haryadi Suyuti sebagai Ketua DPD Gokar DI Yogyakarta," ujarnya.

3. Haryadi dinilai tak berkontribusi terhadap Partai Golkar‎

Dinilai Gagal, Posisi Haryadi Suyuti di DPD Golkar DIY DigoyangIstimewa/Dinas Kominfo Kota Yogyakarta

‎Politikus asal Kulonprogo ini mengatakan awalnya Haryadi diharapkan dapat meningkatkan jumlah kursi Golkar karena dia menjabat sebagai wali kota. Namun sayangnya saat Pilleg 2019 yang lalu Haryadi gagal.

"Kita lihat di Gunungkidul dan Kulonprogo yang punya bupati atau wakil jumlah kursinya naik baik ditingkat 2 dan 1, justru di Kota Yogyakarta justru tak ada wakil di pimpinan dewan," katanya.

4. DPP Golkar akan memproses aspirasi

Dinilai Gagal, Posisi Haryadi Suyuti di DPD Golkar DIY DigoyangIDN Times/Daruwaskita

Ketua DPP Partai Golkar Happy Bone mengaku sudah mengetahui permasalahan Golkar DIY. Aspirasi kader Golkar DIY itu akan disampaikan kepada Ketua DPP Bidang Organisasi dan Kaderisasi untuk segera ditindak lanjuti.

"Aspirasi ini saya terima dan akan saya sampaikan ke DPP khususnya Ketua DPP Golkar bidang Organisasi dan Kaderisasi untuk segera ditindak lanjuti sesuai dengan mekanisme yang ada," katanya.

Baca Juga: Terbengkalai, Warga Tanam Jagung di Lahan Proyek Saluran Air Hujan 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya