Comscore Tracker

Demokrat Bantul Akui Dukung Suharsono Meski Rekomendasi Belum Turun

Totok Sudarto jadi kandidat kuat dampingi Suharsono

Bantul, IDN Times - ‎Manuver politik mengejutkan dilakukan oleh Partai Demokrat Bantul jelang Pilkada 2020. Partai berlambang Mercy ini mengaku telah menjatuhkan pilihan untuk mendukung bakal calon bupati petahana Suharsono, meski sampai sekarang rekomendasi calon bupati Bantul dari DPP Gerindra belum turun.

Baca Juga: Bawaslu: Pemasangan Baliho Bupati Bantul Tak Melanggar Aturan

1. Tak dipilih menjadi cawabup, Demokrat tetap dukung Suharsono cabub Bantul‎

Demokrat Bantul Akui Dukung Suharsono Meski Rekomendasi Belum TurunNur Rakhmat (nomor 2 dari kiri) mendaftar balon wakil bupati ke DPC Partai Gerindra Bantul. IDN Times/Daruwaskita

Ketua DPC Partai Demokrat, Kabupaten Bantul, Nur Rakmat memprediksi paslon yang akan bertarung dalam Pilkada 2020 di Bantul akan diikuti oleh dua pasangan yakni paslon yang diusung oleh PDIP bersama PKB dan paslon lain yang diusung oleh Partai Gerindra yang berkoalisi dengan partai lainnya.

"Kalau dari Gerindra yang diusung cabupnya adalah Suharsono maka Partai Gerindra juga siap untuk mendampingi sebagai wakilnya. Kita pun siap mendukung Suharsono meski wakilnya bukan dari Partai Demokrat," ujarnya, Senin (20/1).

2. Akui Totok Sudarto lakukan komunikasi intensif dengan Suharsono‎

Demokrat Bantul Akui Dukung Suharsono Meski Rekomendasi Belum TurunKetua DPC Partai Demokrat Bantul Nur Rakhmad. IDN Times/Daruwaskita

Nur Rakhmat juga sudah mendengar nama Totok Sudarto yang merupakan mantan ASN Pemkab Bantul sekaligus tokoh Muhammdiyah di Bantul santer dikabarkan mendampingi Suharsono dan sudah menjalin komunikasi yang intens.

"Beliau (Totok Sudarto) memiliki kesempatan yang besar karena punya kemampuan di antaranya mantan Asisten Sekda Bantul dan memiliki basis kuat di kalangan Muhammadiyah di Bantul," katanya.

3. Nama Totok Sudarto diduga masuk ke daftar bakal calon wakil bupati pendamping Suharsono

Demokrat Bantul Akui Dukung Suharsono Meski Rekomendasi Belum TurunTotok Sudarto mantan Asek III Pemkab Bantul

Sebelumnya, Suharsono mengatakan sudah mengantongi 5 bakal calon wakil bupati yang akan mendampinginya dalam Pilkada 2020 mendatang. Jika melihat kandidat yang mendaftar sebagai bakal calon wakil bupati melalui Partai Gerindra ada 4 nama maka besar kemungkinan nama ke lima yang ada di kantong pensiunan perwira menengah Polda Banten ini adalah Totok Sudarto.

"Saya sudah kantongi 5 nama bakal calon wakil bupati Bantul namun baru saya akan umumkan pada bulan-bulan awal tahun 2020. Namun dari 5 nama itu tak ada nama wakil bupati Bantul petahana Abdul Halim Muslih," katanya beberapa waktu yang lalu.

Baca Juga: Balon Wabup Gerindra Bantul Tak Lakukan Komunikasi dengan Balon Bupati

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya