Dana Infak Diduga Danai Teroris, Bupati Bantul Minta Warga Selektif  

Warung atau toko jangan sembarangan menerima kotak infak 

Bantul, IDN Times - Sejumlah orang terduga teroris yang ditangkap Detasemen Khusus  Densus 88 Antiteror Mabes Polri di Bantul bekerja di Syam Organizer, yaitu sebuah usaha sosial yang digerebek pada Minggu (4/4/2021). Sebanyak dua warga yang tinggal Bantul yaitu DS, warga Jomboran, Gilangharjo, Pandak, dan DK, warga Jotawang, Bangunharjo, Sewon, diketahui bekerja di Syam Organizer.

Dari kantor tersebut, petugas mengamankan sejumlah barang bukti di antaranya tempat dari bahan kaleng yang diduga dimanfaatkan sebagai kotak amal untuk menggalang dana.

Baca Juga: Densus 88 Geledah Kantor Syam Organizer di Kota Yogyakarta

1. Masyarakat diminta hati-hati untuk menyalurkan sumbangannya

Dana Infak Diduga Danai Teroris, Bupati Bantul Minta Warga Selektif  Bupati Bantul Abdul Halim Muslih. IDN Times/Daruwaskita

Terkait dugaan kotak donasi infak yang dilakukan kelompok tertentu untuk pendanaan aksi terorisme, Bupati Bantul Abdul Halim Muslih meminta masyarakat untuk berhati-hati untuk menyalurkan uangnya ke kotak infak yang ditaruh di warung hingga toko modern.

"Infak yang digunakan untuk terorisme adalah infak yang tidak berpahala. Infak digunakan untuk membantu masyarakat miskin, membangun masjid, musala, mengajari mengaji. Namun kalau infak untuk terorisme adalah infak yang tidak sah," ujarnya, Senin (5/4/2021).

"Bahkan infak untuk tindakan terorisme atau radikalisme adalah tindakan dosa," tambahnya lagi.

2. Warung atau toko jangan sembarangan terima kotak infak

Dana Infak Diduga Danai Teroris, Bupati Bantul Minta Warga Selektif  Ilustrasi Bom (Teroris) (IDN Times/Mardya Shakti)

Abdul Halim Muslih mengaku Pemkab Bantul tak miliki kewenangan untuk melarang pemasangan kotak infak, namun dirinya meminta masyarakat dan pemilik warung atau toko harus selektif.

"Jangan asal memberi dan jangan asal menerima kontak infak," tegasnya.

Bagi warung, toko atau supermarket yang ditiipi kotak infak, harus memastikan tujuannya, pengurusnya, hingga alamatnya. Jika  perlu ditelusuri orang yang menitipkan kotak dan dari kelompoknya siapa.

"Harus selektif, jadi niat baik itu tidak cukup. Makanya objektif dan disertai tujuan baik," ungkapnya.

 

 

 

3. Bupati Bantul terkejut dengan penangkapan terduga teroris

Dana Infak Diduga Danai Teroris, Bupati Bantul Minta Warga Selektif  Ilustrasi polisi mengamankan barang bukti dari rumah terduga teroris.( ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah)

Abdul Muslih Halim mengaku terkejut atas penangkapan warga yang ditangkap Densus 88. Bupati Bantul ini tidak menduga beberapa orang yang tinggal sebagai terduga teroris. Dirinya meminta warga Bantul harus lebih waspada dan mengedepankan toleransi serta kedamaian antar sesama umat beragama.

"Saya berharap masyarakat Bantul tidak terpengaruh, terprovokasi pandangan radikal dan anti toleransi," tuturnya.
 

Topik:

  • Paulus Risang
  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya