Dalam 1 Hari Kerugian Bencana Hidrometereologi di Bantul Rp443 Juta

2 pengendara motor terluka, 1 relawan patah tulang  

Bantul, IDN Times - ‎Bencana hidrometereologi di Bantul yang terjadi Rabu (27/4/2022) menyebabkan kerugian hingga Rp443 juta. Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul, bencana terjadi di sembilan kapanewon dan 15 kalurahan.

1. Bambanglipuro paling parah

Dalam 1 Hari Kerugian Bencana Hidrometereologi di Bantul Rp443 JutaKepala Pelaksana BPBD, Bantul, Agus Yuli Herwanta.(IDN Times/Daruwaskita)

Kepala Pelaksana BPBD Bantul, Agus Yuli Herwanta memaparkan Kalurahan Sumbermulyo, Kapanewon Bambanglipuro merupakan wilayah yang terdampak paling parah dengan 27 titik kejadian.

Disusul Kalurahan Patalan, Kapanewon Jetis dengan 17 titik kejadian, Kalurahan Srihardono, Kapanewon Pundong bencana terjadi di 17 titik, Kalurahan Canden, Kapanewon Jetis terjadi 13 titik, serta Kalurahan Sriharjo Kapanewon Imogiri 12 lokasi kejadian. Selanjutnya kejadian bencana angin kencang terjadi Banguntapan di tiga lokasi yaitu Kapanewon Kasihan tiga lokasi, Kapanewon Pandak satu lokasi, Kapanewon Pleret satu lokasi dan Kapanewon Sewon satu lokasi.

"Hujan lebat disertai angin dan petir menyebabkan banyak sekali pohon yang roboh menimpa rumah, jaringan listrik hingga jaringan telepon dan masih banyak lagi," ujar Yuli.

Baca Juga: Puluhan Rumah Rusak Akibat Hujan Angin di Bantul, Dua Orang Terluka

2. Sebanyak 65 rumah rusak akibat tertimpa pohon‎

Dalam 1 Hari Kerugian Bencana Hidrometereologi di Bantul Rp443 JutaRumah roboh usai terjang hujan lebat disertai angin.(IDN Times/Daruwaskita)

Hujan lebat disertai angin menyebabkan sebanyak 65 rumah rusak tertimpa pohon,24 akses jalan terhambat, dan tiga jaringan telepon rusak hingga merusak jaringan listrik.

"Total kerugian diperkirakan mencapai Rp443 juta dan data dimungkinkan masih bertambah," tuturnya.

Yuli mengatakan dua orang terluka akibat tertimpa pohon yang roboh. Selain itu satu orang relawan mengalami patah tulang saat proses penanganan bencana dan menjalani perawatan di rumah sakit.

"Dua korban yang tertimpa pohon merupakan pengendara," ucapnya.

3. Pohon yang sudah dan rapuh segera dipotong‎

Dalam 1 Hari Kerugian Bencana Hidrometereologi di Bantul Rp443 JutaPetugas Damkar sedang melakukan pemangkasan pohon yang tumbang di wilayah. (Istimewa)

Pihaknya menghimbau kepada masyarakat yang mempunyai pohon sudah tua dan tinggi untuk ditebang, serta mengurangi ranting pohon.  

"Sebenarnya ramalan BMKG intensitas hujan di bulan April ini kategori sedang, namun terkadang terjadi hujan sporadis disertai dengan angin kencang dan petir," terangnya.‎

Baca Juga: Mulai 4 Mei, Pasar Beringharjo Buka hingga Pukul 9 Malam   

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya