Cegah Penyebaran Corona, Selama 6 Hari UMY Lakukan Kuliah Jarak Jauh  

Praktik lapangan kedokteran tetap dilakukan 

Bantul, IDN Times - ‎Antisipasi penyebaran wabah COVID-19, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memberlakukan kegiatan perkuliahan tatap muka menjadi jarak jauh atau online. 

Hal tersebut, berdasarkan  Surat Edaran Nomor : 34/A.2-VIII/20220,  UMY akan melakukan beberapa langkah di bawah ini untuk meminimalkan penularan COVID-19. 

Baca Juga: Cegah COVID-19, UGM Lakukan Kuliah Online dan Batasi Kegiatan

1. Kuliah secara online dilaksanakan mulai tanggal 16-21 Maret 2020

Cegah Penyebaran Corona, Selama 6 Hari UMY Lakukan Kuliah Jarak Jauh  Ilustrasi pertukaran mahasiswa UMY dengan dengan mahasiswa dari perguruan tinggi di luar negeri. IDN Times/Daruwaskita

Mulai tanggal 16 sampai 21 Maret 2020, perkuliahan dilaksanakan secara online dengan disertai penugasan sesuai standar kuliah dalam jaringan (daring) UMY.

"Mulai tanggal 23 Maret 2020, perkuliahan dan praktikum dapat dilaksanakan seperti biasa atau offline (tatap muka) di kelas. Sedangkan praktikum dapat dilaksanakan seperti biasa atau offline sesuai dengan kalender akademik UMY, namun wajib mengikuti protokol kesehatan UMY untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19," kata Wakil Rektor Bidang Akademik, Sukamta dalam surat edaran tertanggal 14 Maret 2020.

2. Praktik kerja Fakultas Kedokteran tetap berjalan

Cegah Penyebaran Corona, Selama 6 Hari UMY Lakukan Kuliah Jarak Jauh  https://manado.tribunnews.com/

Dalam surat edaran juga menyatakan, pelaksanaan pembelajaran program studi profesi (koas) bagi mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, tetap berjalan biasa namun wajib mengikuti prosedur baku yang ada di rumah sakit atau tempat praktik.

"Untuk pelaksanaan kerja praktik koas, tetap berjalan. Dan harus mengikuti prosedur yang berlaku," jelas Sukamta. 

 

3. Sejumlah pihak juga mendapatkan surat edaran pencegahan merebaknya COVID-19‎

Cegah Penyebaran Corona, Selama 6 Hari UMY Lakukan Kuliah Jarak Jauh  Surat Edaran pencegahan penyebaran COVID-19 oleh UMY. IDN Times/Daruwaskita

Namun untuk kegiatan magang dan kuliah kerja lapangan atau kegiatan lainnya, akan dilakukan penundaan.

"Sebaiknya ditunda sampai dengan permasalahan COVID-19 mereda," jelasnya. Surat edaran tersebut juga ditujukan kepada semua civitas akademika UMY, dan diharapkan dapat menjadi acuan kegiatan kampus. 

Baca Juga: UKDW Hentikan Kuliah Tatap Muka, UTS Mahasiswa Tak Perlu Datang 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya