Cegah Kemacetan, Polres Bantul Rekayasa Jalan saat Libur Nataru 

Polres Bantul dirikan pos pemantauan‎ di Bukit Bintang

Bantul, IDN Times - Sejumlah ruas jalan di Kabupaten Bantul khususnya yang menuju objek wisata diperkirakan akan mengalami kemacetan saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Polres Bantul sudah menyiapkan sejumlah langkah antisipasi untuk mengatasi membeludaknya kendaraan bermotor tersebut.

Baca Juga: Urai Kemacetan di Malioboro, Dishub DIY Siapkan Armada Antar Wisatawan

1. Ada rekayasa jalan dari pertigaan Tembi menuju TPR Pantai Parangtritis‎

Cegah Kemacetan, Polres Bantul Rekayasa Jalan saat Libur Nataru Antrian kendaraan bermotor saat membayar retribusi masuk Pantai Parangtritis.IDN Times/Daruwaskita

Kasatlantas Polres Bantul, AKP Cheryn Nova Madhang menjelaskan jalan menuju Pantai Parangtritis dan Bukit Bintang Piyungan menjadi jalur yang paling rawan terjadi kemacetan pada musim libur Nataru.

"Kami siapkan rekayasa jalan dengan sistem buka tutup dari Jalan Tembi menuju TPR Pantai Parangtritis. Di jalan tersebut akan dibagi menjadi dua yakni arah selatan dan arah ke utara secara bergantian," katanya, Selasa (24/12).

2. Kendaraan yang keluar dari Pantai Parangtritis dialihkan melalui TPR Pantai Depok‎

Cegah Kemacetan, Polres Bantul Rekayasa Jalan saat Libur Nataru Pintu masuk parkir Pantai Depok. IDN Times/Daruwaskita

Kasatlantas menambahkan jalan menuju Pantai Parangtritis dari TPR akan diberlakukan satu arah. Sedangkan kendaraan yang akan keluar dari Pantai Parangtritis akan dialihkan melalui pos retribusi TPR Pantai Depok.

"Jadi pintu masuk menuju Pantai Parangtritis dan sekitarnya hanya melalui TPR Pantai Parangtritis dan keluar dari Pantai Parangtritis melalui TPR Pantai Depok," ungkapnya.

3. Jika ada antrean di Jembatan Kretek maka pemungutan retribusi akan ditiadakan

Cegah Kemacetan, Polres Bantul Rekayasa Jalan saat Libur Nataru TPR Pantai Parangtritis Bantul. IDN Times/Daruwaskita


Apabila di jembatan Kretek terjadi antrean panjang, pengunjung akan dibiarkan masuk tanpa membayar retribusi.

"Jadi sifatnya situasional. Ketika tidak ada kepadatan kendaraan bermotor maka penarikan retribusi bisa dilanjutkan," katanya.

4. Polisi akan dirikan pos pemantauan di Bukit Bintang, Piyungan‎

Cegah Kemacetan, Polres Bantul Rekayasa Jalan saat Libur Nataru Ilustrasi jalan Yogya-Wonosari tepatnya di Bukit Bintang

Sementara untuk Jalan Piyungan-Patuk tepatnya di Bukit Bintang, Cherryn mengatakan pihaknya akan menyediakan petugas agar para pengguna jalan tidak berhenti di tepi jalan yang bisa menyebabkan kemacetan.

"Kami akan dirikan pos pantau di Bukit Bintang," ujarnya.

Bus sedang dan besar yang akan menuju objek wisata alam Dlingo diimbau tidak melalui, jalur Cino Mati. Kendaraan besar disarankan bisa melalui jalan Patuk-Dlingo atau jalan Imogiri, Mangunan.

"Untuk kendaraan pribadi dipastikan harus dalam kondisi prima mengingat jalan Cino Mati tanjakannya sangat curam, demikian pula turunannya sangat curam. Yang jelas juga harus paham medan di jalan Cino Mati," ujarnya.‎

Baca Juga: Keamanan Natal dan Tahun Baru, Densus Petakan Wilayah di Yogyakarta 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya