Cari SDM Terbaik, AirAsia Rekrut Calon Pegawai ke Kampus di Yogyakarta

Puluhan mahasiswa dan alumni mengikuti seleksi

Bantul, IDN Times - Maskapai penerbangan AirAsia mengadakan perekrutan calon pegawai sebagai aircraft technician yang akan ditempatkan di berbagai kantor cabang AirAsia yang ada di Indonesia.

Perekrutan itu digelar selama 2 hari, 9-10 Desember 2019, yang dipusatkan di kampus Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD) yang beralamat di Jalan Parangtritis, Sewon, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

1. Peserta tes untuk posisi aircraft technician harus mengantongi sertifikasi FAA‎

Cari SDM Terbaik, AirAsia Rekrut Calon Pegawai ke Kampus di YogyakartaTalent Acqisition and Development Executiv AirAsia Siswindra Muchsis. IDN Times/Daruwaskita

Talent Acqisition and Development Executive AirAsia Siswindra Muchsis mengatakan STTKD dipilih karena lulusannya telah mengantongi lisensi atau sertifikasi dari The Federal Aviation Administration (FAA) yang merupakan syarat mutlak untuk mendaftar sebagai aircraft tehcnician.

"Di AirAsia mewajibkan pelamar harus mengantongi sertifikasi dari The Federal Aviation Administration atau FAA untuk aircraft tehcnician sehingga kita memutuskan merekrut calon pegawai di STTKD," katanya ditemui di Kampus STTKD Yogyakarta, Senin (9/12).

Baca Juga: Gara-gara Bercanda Bawa Bom, Dua Penumpang Air Asia Batal Terbang

2. AirAsia juga gelar rekrutmen calon pegawai di kota-kota besar lain

Cari SDM Terbaik, AirAsia Rekrut Calon Pegawai ke Kampus di YogyakartaSuasana rekrutmen calon pegawai AirAsia di Kampus STTKD Yogyakarta. IDN Times/Daruwaskita

Menurut Siswindra, pihaknya juga menggelar rekrutmen calon pegawai AirAsia di kota lain seperti Bandung, Surabaya, Jakarta dan sejumlah kota besar lainnya di Indonesia.‎

"Jadi kita memang jemput bola untuk mendapatkan SDM yang benar-benar seperti yang kita inginkan," ungkapnya.

Meski enggan menyampaikan berapa kebutuhan calon pegawai untuk maskapai penerbangan yang berpusat di Malaysia ini, Siswindra mengatakan semakin banyak rute penerbangan AirAsia di Indonesia maka semakin banyak kebutuhan pegawai dan tidak hanya untuk aircraft technician.

"Otomatis semakin banyak rute yang dilayani di Indonesia maka kebutuhan SDM juga akan meningkat meski ada juga SDM yang keluar karena suatu alasan tertentu," ungkapnya.

3. Lolos tes di STTKD akan ada tahapan tes lanjutan‎

Cari SDM Terbaik, AirAsia Rekrut Calon Pegawai ke Kampus di Yogyakarta(Suasana kantor pusat AirAsia di Kuala Lumpur) IDN Times/Santi Dewi

Seleksi yang dilakukan di STTKD Yogyakarta ini diikuti oleh para pelamar yang kebanyakan mahasiswa tingkat akhir. Mereka diminta mengisi lamaran melalui aplikasi yang disediakan oleh AirAsia dan dilanjutkan dengan ujian tertulis. Ketika semua tahapan dinyatakan lolos maka akan ada tes psikologi, wawancara, hingga tes kesehatan.

"Jadi tes tidak hanya di STTKD Yogyakarta saja namun ada tes lanjutan yang sangat mungkin dilaksanakan di kantor pusat AirAsia di Jakarta," ungkapnya.

4. Sebanyak 43 lulusan dan mahasiswa STTKD ikuti tes aircraft technician‎

Cari SDM Terbaik, AirAsia Rekrut Calon Pegawai ke Kampus di YogyakartaKoordintor Kerjasama, STTKD Yogyakarta, Teguh Ariebowo. IDN Times/Daruwaskita

Koordinator Kerja Sama STTKD Yogyakarta Teguh Ariebowo mengatakan jumlah pelamar dari STTKD Yogyakarta sendiri mencapai 43 peserta baik masih berstatus mahasiswa dan juga lulusan mahasiswa STTKD Yogyakarta.

"Kita sangat diuntungkan karena penyerapan mahasiswa STTKD bisa lebih optimal ke perusahaan pengguna dan kita berharap tahun depan juga ada kegiatan yang sama," katanya.

Mahasiswa tingkat akhir yang menjelang lulus juga diperbolehkan ikut karena ada dispensasi khusus dari AirAsia meski ‎sertifikasi aircraft technician FAA baru akan keluar pada bulan Februari 2020 yang akan datang.

"Kalau yang sudah lulus dan ikut seleksi dipastikan sudah mengantongi sertifikasi aircraft technician dari FAA," ungkapnya.‎

Baca Juga: Sudah Diterima Kerja, Banyak Lulusan STTKD Yogyakarta Tak Ikuti Wisuda

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya